Dewan Pangandaran Sahkan Perda Kawasan Tanpa Rokok

54
0
Asep Noordin Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran
Asep Noordin Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran
Loading...

PANGANDARAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran mengesahkan tiga buah rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (Perda). Salah satu yang disahkan adalah Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin mengatakan, Perda KTR ini memang sempat tertunda pembahasanya dan baru disahkan tahun ini. Alasan penundaan sendiri karena adanya substansi materi dalam raperda itu yang harus disesuaikan.

“Tentunya hari ini kita semua termasuk dari fraksi-fraksi telah menyetujui Raperda KTR ini menjadi perda,” jelasnya kepada wartawan Senin (14/12).

Menurut dia, langkah selanjutnya pemerintah harus menyiapkan smoking area atau tempat khusus merokok. “Sebelum di luar, pemerintah harus menyiapkan smoking area di kantor-kantor terlebih dahulu,” katanya.

Baca juga : Bawaslu Pangandaran Rekomendasikan PSU di 3 TPS

Loading...

Kata dia, pembuatan smoking area ini jangan sampai tidak manusiawi dan pada akhirnya akan terbengkalai. “Jangan sampai terjadi seperti di daerah lain yang telah lebih dulu menerapkan perda ini, menyediakan tempat yang kurang manusiawi dan pada akhirnya tidak bisa digunakan lagi,” jelasnya.

Dengan adanya Perda KTR ini, tidak serta merta bisa merubah kebiasaan masyarkat untuk merokok di mana saja. “Ya pelan-pelan saja, ya minimal bisa mengurangi jumlah perokok,” katanya.

Kata dia, objek kawasan Perda KTR ini termasuk di kawasan pendidikan dan tempat ibadah. “Nanti juga akan ada peraturan bupatinya, mana yang perlu diterapkan mana yang tidak,” ujarnya.

DPRD juga menetapkan Perda tentang Penyertaan Modal Pemda Pangandaran terhadap PDAM dan BKR serta Perda tentang perubahan ketiga atas Perda Nomor 31/2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan, sangat bersyukur dengan penetapan perda tersebut, salah satunya Perda KTR. “Untuk pembuatan smoking area pasti secepatnya kita akan lakukan,” jelasnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.