Dewan: Pilwalkot Tasik Diundur Jadi 2024

97
0
radartasikmalaya.com
Ilustrasi Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Tasik 2022. radartasikmalaya.com
Loading...

KOTA TASIK – Pesta politik 5 tahunan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Tasikmalaya harusnya dihelat pada 2022.

Namun, saat ini ada wacana akan diundur dan dihelat pada 2024.

Selain alasan karena masih pandemi Covid-19, juga disebabkan draf revisi Undang-Umdamg Pemilu yang membahas dan mengatur tentang Pilkada masih digodok pemerintah pusat.

Hal itu disetujui para pimpinan DPRD Kota Tasik.

Seperti diungkapkan Wakil Ketua DPRD, Muslim, pembahasan draf itu masih berjalan di pusat.

loading...

Namun, terang dia, Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) telah memutuskan dan menginginkan Pilwalkot dihelat pada 2024.

“Kalau 2022 dipaksakan maka Pilwalkot dihelat di tengah pandemi Covid. Jadi alangkah baiknya memang di 2024 dengan harapan pandemi Covid sudah usai selain karena drafnya masih direvisi,” terangnya kepada radartasikmalaya.com, Selasa (02/02) sore.

Selain itu, beber Muslim, kebutuhan anggaran untuk penyelenggaraan Pilwalkot itu sekitar Rp 80 miliar.

Sedangkan dalam APBD Kota Tasik 2020 dan 2021, untuk Pilwalkot itu baru dianggarkan sekitar Rp20 miliar.

“Maka jika dihelat pada 2024, anggaran untuk Pilwalkot sudah siap karena bisa disiapkan di APBD 2021, 2022, dan 2023. Terkejar persiapan anggarannya untuk menyelenggarakan Pilwalkot,” bebernya.

Hal serupa dibenarkan Wakil Ketua DPRD lainnya, Agus Wahyudin.

Dia menyatakan, kalau dari sisi penganggaran Pilwalkot walaupun baru disiapkan sekitar Rp20 miliar, Kota Tasik sudah berpengalaman ketika dipastikan kapan dihelatnya pasti bisa menyediakan anggaran tersebut.

“Kalau anggaran mah pasti kita bisa. Karena ada 2 kali anggaran perubahan dan murni, walaupun dilaksanakan pada 2022,” tutur Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Meski demikian, waktu pelaksanaan Pilwalkot ini dalam pengamatannya akan selamat tinggal di 2022 dan dihelat pada tahun 2024 nanti.

“Kemungkinannya 2024 ya. Karena kalau 2024 merupakan berkah untuk Pemkot Tasik. Artinya mampu untuk menyediakan anggaran secara maksimal. Regulasinya sudah ada tinggal direvisi aja waktu pelaksanaan Pilwalkotnya,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.