Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3%

19.1%

7.2%

70.7%

Dewan Provinsi Minta Perketat Pengawasan Perbatasan Jabar-Jateng

432
0
SIDAK. Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat berbincang dengan kepala Pos Pelayanan Pemeriksaan Hewan Jumat (20/3). Anto Sugiarto/Radar Tasikmalaya
SIDAK. Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat berbincang dengan kepala Pos Pelayanan Pemeriksaan Hewan Jumat (20/3). Anto Sugiarto/Radar Tasikmalaya

BANJAR – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di check poin Pos Pemeriksaan Hewan Banjar di Jalan Siliwangi, perbatasan Jabar-Jateng Jumat (20/3). Sidak dilakukan menyikapi merebaknya penyebaran virus corona atau Covid-19.

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Ir Herry Dermawan mengatakan sidak untuk mengecek sejauh mana persiapan pemeriksaan terhadap kendaraan hewan yang masuk dan sopirnya.

“Apalagi ini merupakan pintu gerbang Jawa Barat, sehingga pemeriksaannya harus ketat. Jangan sampai masuk ke Jabar membawa penyakit bahkan Covid-19, makanya dilakukan antisipasi,” ujarnya kepada wartawan.

Menurut dia, sebagai pintu gerbang Jabar, seharusnya check poin maksimal. Jangan mudah meloloskan kendaraan membawa hewan.

“Pastikan hewan dan sopir dalam keadaan sehat, tidak membawa penyakit,” kata dia.

Baca Juga : Tempat Keramaian dan Tempat Wisata di Banjar Ditutup Sementara

Pihaknya akan mendesak Pemprov Jabar mempersiapkan peralatan di check poin dengan maksimal. Apalagi alat penyemprot kendaraan, instalasi bio security tidak berfungsi.

“Harus ada anggaran untuk masalah ini,” tuturnya.

Kepala Pengelola Pos Pelayanan Hewan Banjar Wawan Sutarwan mengaku rata-rata ada 40 kendaraan yang masuk diperiksa. Sopir yang membawa hewan pun diberi antiseptic atau hand sanitizer.

“Alat penyemprot kendaraan yang masuk memang rusak dan sudah diajukan untuk diperbaiki atau diganti dengan yang baru,” ujarnya.

Kata dia, kendaraan yang rutin masuk pemeriksaan yakni pengangkut sapi, kambing, domba, babi dan hewan ternak lainnya seperti ayam, itik dan telur dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.