Dewan Setuju Terminal Ciamis Direvitalisasi

96
0

CIAMIS – DPRD Kabupaten Ciamis sepakat dengan rencana Dinas Perhubungan yang akan merombak Terminal Ciamis. Legislatif berharap perombakan total terminal tersebut dilaksanakan 2020.

Wakil Ketua DPRD Ciamis Sopwan Ismail SPSi menilai Terminal Ciamis sudah saatnya direvitalisasi, karena sudah puluhan tahun belum ada perombakan total.

Menurutnya, Terminal Ciamis perlu diperbaiki secara menyeluruh. Ter­masuk, penataan para pedagang, ruko atau pedagang kaki lima (PKL).

“Semoga revitalisasi bisa diwujudkan tahun 2020 karena ini juga demi kepentingan masyarakat,” ujar Sopwan kepada Radar Jumat (27/12) siang.

Diakuinya, biaya perombakan total Terminal Ciamis, akan memakan biaya yang tidak sedikit (penghitungan Dinas Perhubungan bisa mencapai Rp 20 miliar).

Namun itu, kata dia, tidaklah masalah. Karena sudah saatnya Terminal Ciamis direvitalisasi demi kemajuan perekonomian Ciamis dan mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Nantinya semua angkutan akan masuk ke terminal dan di karcis.

“Bila terminal bagus dan nyaman, tidak akan ada lagi yang namanya angkutan yang ngetem di luar Terminal yang disebutnya terminal bayangan,” ujarnya.

Pihaknya berharap revitalisasi Terminal Ciamis bisa mengedepankan kualitas pengerjaan harus baik. Karena menyangkut fasilitas umum.

“Kami mengharapkan dalam pengerjaannya tidak asal-asalan. Namun harus mengedepankan kualitas dan kuantitasnya juga,” ujarnya berpesan.

Sopwan tidak mengharapkan pembangunan proyek berujung dengan permasalahan hukum. Maka, dia mengharapkan kualitas pengerjaannya lebih baik.

“Saya berharap penger­jaan revitalisasinya nantinya bisa sesui apa yang diharapkan masyarakat,” ujarnya.

Rizal (30), masyarakat yang tengah menunggu bus di Terminal Ciamis, mengaku seringkali saat berangkat keluar kota menunggu bus di Terminal Ciamis. Namun dia sudah tidak nyaman, karena kumuh, bau kencing dan penuh coretan-coretan.

“Tentunya sudah harus dirombak total dan ada fasilitas untuk penunggu penumpang, baik itu tempat casan atau dilengkapi Wifi, sehingga penumpang tidak jenuh saat menunggu,” ujarnya berharap saat ditemui di Terminal Ciamis.

“Semoga perbaikan Terminal Ciamis bisa terwujud nantinya,” harapnya.

Pemerintah Kabupaten Ciamis, sebelumnya, akan merombak bangunan Terminal Ciamis. Kepala Dinas Perhubungan Drs H Endang Sutrisna MSi menilai terminal tersebut sudah jadul, kumuh dan tidak nyaman.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Drs H Endang Sutrisna MSi mengaku ingin merombak Terminal Ciamis, namun sampai saat ini, masih terkendala anggaran. Ke depan, dia ingin merenovasi terminal tersebut. “Karena memang sudah jadul kondisi Terminal Ciamis. Sekarang bus-bus itu tinggi-tinggi, sementara bagian atap masuk di terminal untuk bus terbuat dari beton dan terlalu pendek, sehingga harus mengubah,” ujarnya Kamis (26/12).

Bila bagian atap terminal, yang terbuat dari beton itu, dipangkas, menurut Kadishub, hal itu akan jelek.

“Jadi nantinya akan direnovasi semua agar bisa lebih bagus dan nyaman,” kata Endang.

Rencananya, warung di pinggir terminal pun akan direnovasi. Lokasi warung di sebelah timur terminal akan dibuat taman. Termasuk yang di dekat jalan, akan dibuat pelebaran jalan masuk ke terminal. Dengan begitu, mobil leluasa masuk ke terminal. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.