Di Caringin Garut Dibangun Miniatur Pendopo

55
0
DIBANGUN. Pemkab Garut mulai membangun miniatur pendopo di wilayah selatan Garut tepatnya di wilayah perbatasan dengan Kabupaten Cianjur.

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten Garut akan membangun miniatur pendopo di Kecamatan Caringin yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Cianjur. Pembangunan ini dilakukan sebagai upaya dalam menarik wisatawan yang masuk ke Garut untuk berwisata.

“Miniatur ini bisa menjadi daya tarik pariwisata. Sehingga ketika wisatawan datang ke Garut mendapatkan kesan menyenangkan,”

ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan, Sabtu (24/10). Rudy menerangkan, miniatur pendopo ini sengaja dibangun di perbatasan, untuk menjadi pembatas antara Garut dan Cianjur.

“Jadi orang akan tahu bahwa ini adalah perbatasan wilayah Kabupaten Garut,” katanya.

Ia menuturkan, Garut memiliki ikon yang cukup dikenal banyak orang yakni berupa pendopo dan babancong di Kecamatan Garut Kota sebagai bangunan peninggalan Kolonial yang saat ini dijadikan rumah dinas bupati.

Selain itu, lanjut dia, miniatur pendopo di selatan Garut akan menambah keindahan, dan memberikan informasi bagi warga atau wisatawan luar kota tentang ciri khas daerah.

“Dengan adanya pendopo ini semoga dapat memberikan kemudahan informasi kepada wisatawan yang datang ke Garut melalui jalur selatan Garut,” terangnya.

Baca juga : Bromo KW Gunung Guntur Garut Masuk Cagar Alam

Ia menambahkan, rencana ke depan tidak hanya membangun miniatur pendopo, tapi akan dibuatkan kawasan untuk menjadi tempat istirahat dan tujuan swafoto bagi para pengunjung.

“Rencananya lokasi ini akan dibangun rest area, sehingga dapat berfungsi sebagai tempat peristirahatan dan lokasi wisata foto, karena lokasinya bagus,” katanya.

Sementara itu, miniatur pendopo dibangun di Desa Cimahi, Kecamatan Caringin yang terletak tidak jauh dari garis perbatasan yakni Sungai Cilaki yang lokasinya sekitar 115 km dari pusat pemerintahan Garut.

Daerah perbatasan itu seringkali menjadi perlintasan warga dari Kabupaten Cianjur maupun Bandung dan Garut untuk aktivitas ekonomi, maupun berwisata.

Wilayah selatan Garut memiliki potensi pariwisata seperti pemandangan alam, sungai dan objek wisata pantai di antaranya Pantai Rancabuaya, Pantai Puncak Guha dan Pantai Santolo. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.