Di Ciamis Masker Kosong sejak Desember

254
0

CIAMIS – Keberadaan masker di apotek-apotek Kabupaten Ciamis mulai langka bahkan nyaris tidak ada stok. Hal itu menyusul adanya warga Indonesia yang positif virus corona.

Seperti di Apotek Rahayu Jalan Ampere Ciamis dan Kimia Parma di Jalan IR H Juanda yang menyatakan sudah tidak lagi memiliki masker untuk dijual.

Baca juga : RS di Ciamis Siapkan Ruang Khusus Corona

“Masker sudah kosong sejak Desember 2019, sampai saat ini belum ada lagi,” ujar Wahyu Piantoro Putra, pegawai Apotek Kimia Parma Ciamis kepada Radar, Kamis (5/3).

Dia mengaku tidak mengetahui pe­nye­bab kenapa masker kosong. Ha­nya, ketika akan order kepada dis­tributor sudah tidak bisa, karena ba­rang­nya kosong untuk semua jenis mas­­ker dengan berbagai merek. Se­dang­kan untuk harga normalnya masker tersebut dijual Rp 25.000 per box.

“Kalau yang menanyakan banyak hampir setiap hari selalu ada masyarakat mau membeli masker. Namun, kami tidak mempunyai stok sudah beberapa bulan lalu,” ujarnya, menjelaskan.

Loading...

Karyawan Apotek Rahayu, Yayu menambahkan, tidak adanya stok masker karena memang dari distributornya yang sudah lama tidak menyuplai untuk masker satu kali pakai. “Kalau masker kain masih ada stok. Tapi yang menanyakan masker steril satu kali pakai, bahkan masyarakat ada yang memesan segala,” katanya, menambahkan.

Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra menjelaskan pihaknya sudah membentuk tim untuk monitoring keberadaan masker di apotek-apotek dan toko kesehatan. Hasilnya, memang stok masker sudah benar-benar kosong. “Hasil pemeriksaan sementara, kekosongan masker secara bersamaan ini karena dibeli oleh masyarakat,” ujarnya.

Namun, kata dia, apabila ditemukan ada oknum yang menimbun masker, maupun pihak yang menjual masker di atas harga wajar, akan ditindak secara tegas. “Kami sudah menerima instruksi presiden melalui kapolri terkait situasi terkini tentang virus corona, termasuk tindakan tegas kepada oknum penimbun masker,” paparnya.

Dony berharap di Kabupaten Ciamis tidak ada penimbunan mas­­ker, pihaknya juga sudah meng­instruksikan Satgas Pangan untuk memantau harga-harga sembako. “Timbun masker ya kita tindak tegas,” tuntasnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.