Di Ciamis, Shalat Ied Masih Dibahas, Dilaksanakan atau Tidak

105
0
RAPAT. Pemkab Ciamis melaksanakan rapat pembahasan pelaksanaan salat Idul Fitri pada Jumat (8/5) malam di aula Pemkab Ciamis. ISTIMEWA

CIAMIS – Pemkab Ciamis melaksanakan rapat pembahasan pelaksanaan Salat Idul Fitri di Aula Pemda Ciamis.

Mereka masih mengkaji tentang pelaksanaan salat Idul Fitri apakah dilaksanakan atau tidak di tengah pandemi.

Baca juga : Mencurigakan, Purnawirawan TNI Babak Belur Dihajar Warga di Cijeungjing Ciamis, Ternyata..

Bupati Ciamis Dr Herdiat Sunarya MM menyampaikan bahwa merujuk darurat kesehatan nasional sampai 29 Mei 2020, wabah Covid-19 belum bisa diprediksi sampai kapan akan berakhir.

Maka, sebagai bentuk antisipasi menghadapi Hari Raya Idul Fitri, kiranya perlu membuat opsi. Diantaranya, secara hisab, 1 Syawal jatuh pada 24 Mei 2020 (namun, untuk kepastiannya menunggu hasil hisab dari Kementerian Agama RI).

Adapun berkenaan pelaksanaan Salat Idul fitri di Kabupaten Ciamis, kata Bupati, masih fakultatif, karena kepala daerah masih menampung masukan dari berbagai pihak, yaitu dari bidang keagamaan, kesehatan dan keamanan.

Loading...

“Apabila pilihannya tidak dilaksanakan dengan faktor-faktor yang tidak memungkinkan, kami bisa menyampaikan selamat Idul Fitri melalui media daring agar bisa diakses semua orang,” jelasnya.

Bupati menyampaikan, jika Salat Idul Fitri memungkinkan diselenggarakan, advice dari pihak terkait agar menyiapkan pengecekan kesehatan, penerapan protokol kesehatan, keamanan dalam pelaksanaannya dengan mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak pemangku kebijakan.

Termasuk kebijakan dari pusat dan wilayah. Itu menjadi referensi untuk Pemkab Ciamis mengeluarkan kebijakan.

“Apabila kondisi terkendali, kita bisa melaksanakan kegiatan salat Idul Fitri dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal terebut dipertimbangkan dari penilaian Gugus Tugas dan kebijakan pemerintah pusat,” paparnya.

Bupati menambahkan, perkembangan Covid-19 saat ini dalam kondisi datar. Meski demikian, pihaknya tetap waspada karena pemudik banyak yang pulang ke Ciamis.

Di sisi keamanan, kata Bupati, Polres Ciamis siap mendukung kebijakan Pemerintah Kabupaten Ciamis terkait keputusan mengenai salat Idul fitri.

Polres Ciamis juga memerintahkan Babinkabtibmas akan memberikan imbauan kepada pengurus masjid yang melaksanakan salat Idul Fitri agar menerapkan protokoler kesehatan.

“Untuk Kabupaten Ciamis secara umum masih terkendali dalam hal aspek kamtibmas,” paparnya.

Bagaimana dengan Salat Idul Fitri di Masjid Agung Ciamis? Herdiat menyampaikan, mengenai kesiapan DMI Masjid Agung Ciamis, tahun sebelumnya memang pelaksanaan salat Idul Fitri di lapangan.

Baca juga : 7 Kelurahan di Ciamis Sulit Alokasikan Anggaran untuk Corona

Kini, jika salat Idul Fitri akan dilaksanakan di lapangan, maka perlu adanya jaminan kesehatan, perlu diperhatikan physical distancing, keamanan harus ekstra ketat dan pertimbangan kesehatan.

“Cenderung disarankan tidak dilaksanakan, terkecuali ada jaminan dari keamanan dan kesehatan juga terkait kesiapan penerapan protokol kesehatan dan penerapan physical distancing bagi jemaah,” ungkapnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.