Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.8%

19.6%

8.1%

68.6%

Di Ciamis, Tahun Ini Akan Muncul Ribuan Janda Baru

6031
6

CIAMIS – Sebanyak 4.000 pasangan suami-istri di Ciamis mengajukan perceraian. Ini data dari awal 2020 sampai hari ini (13/7/2020). Berdasarkan data tersebut, maka di Ciamis, tahun ini bisa ada 4000 janda baru.

“Jadi kalau ditotalkan dari awal tahun 2020 sampai sekarang memasuki 4.000 perkara, perkara masuk dari gabungan dari online dan offline,” ujar Ketua Pengadilan Agama Kelas 1A Ciamis Anang Permana MH, Senin (13/7/2020).

Baca juga : Di Cipaku dan Tambaksari Ciamis, Rumah Ambruk & Tanah Retak

Sebelumnya pada awal memasuki pandemi corona itu atau saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), jumlah kasus pengajuan perceraian sekitar 170 perkara per bulan.

“Tetapi setelah PSBB berakhir ternyata melonjaknya berlipat-lipat, sehingga untuk bulan Juni perkara di Pengadilan Agama Ciamis, yang masuk itu sampai 766 perkara,” ujarnya. “Awal Juli tahun 2020 sampai sekarang saja sudah masuk sekitar 320 perkara,” tambahnya.

Dari ribuan kasus pengajuan perceraian, penyebabnya, pola hidup masyarkat atau gaya hidup atau faktor ekonomi. Gugatan perceraian, kata dia, datang dari suami dan istri.

Anang memperkirakan pengajuan perceraian di Ciamis diperkirakan akan terus meningkat. Kemungkinan bisa mencapai 800 perkara. Itu untuk bulan Juli.

“Namun tetap upaya kami dalam menangani perkara penceraian dengan menerapkan protokol corona,” ujarnya.

Baca juga : Madu dari Banjaranyar Ciamis Dipasarkan Hingga Jakarta

Pengamat sosial di Ciamis Jamiludin Hidayat mengaku kaget dengan banyaknya pasangan suami-istri yang mengajukan perceraian. Apalagi di masa pandemi Covid-19.

“Saya kaget juga calon janda di Ciamis dari data PA Ciamis dari awal tahun 2020 sampai sekarang sampai 4000 orang, tentunya saya sangat menyayangkan,” ujarnya. (isr)

loading...

6 KOMENTAR

  1. kalo sdh begini keadaannya mestinya pemerintah ciamis menyarankan untk segera berpoligami…hanya itu cara jitu mengurangi jumlah janda di ciamis…

  2. minta cerai trus jadi janda belum tentu enak lho. janda cerai selalu jadi cemoohan. jadi ejekan. suara suara sumbang bertangan belum lagi harus senditi menghadapi ini itu.segala. jadi saya sarankan berkomunikasilah dengan baik saling mengalsh. bertukar fikiiran dengan pasangan masing masing mencari solusi. karena cerai bukan solusi yang bsik ingat anak anak titipan Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.