Di Ciandum Cipatujah Tasik Longsor, Jalan Penghubung 2 Desa Ini Tertimbun

71
0
ISTIMEWA GOTONG ROYONG. Relawan BPBD, Tagana, Koramil dan Polsek Cipatujah bersama Pemerintah Desa Ciandum dan warga gotong royong bersihkan material longsor yang menutupi badan jalan, Jumat (20/11).
Loading...

CIPATUJAH – Musim hujan di Kabupaten Tasikmalaya selalu diwarnai dengan terjadinya berbagai bencana alam. Seperti longsor yang terjadi di Kampung Mekarsari Desa Ciandum Kecamatan Cipatujah, Jumat (20/11).

Akibat longsor tersebut, badan jalan desa yang menghubungkan Desa Ciandum dengan Desa Sukahurip Kecamatan Cipatujah tertutup dan tertimbun material longsor dan sempat lumpuh.

Ketua Forum Komunikasi (FK) Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetya mengatakan, longsor terjadi akibat hujan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Tasik Selatan tepatnya di Kecamatan Cipatujah Kamis (19/11) malam.

Adapun longsor terjadi Jumat (20/11) dini hari, sehingga badan jalan desa penghubung dua desa, Ciandum dan Sukahurip tertimbun dan tertutup tanah longsor.

Baca juga : 10 Penambang Emas Asal Salopa Tasik Tewas Tertimbun di Kalteng, Pemkab Beri Santunan 

“Jumat (20/11) pagi Tagana bersama BPBD, Damkar, Koramil dan Polsek Cipatujah termasuk pemerintah Desa Ciandum dan warga gotong royong membersihkan material longsoran yang menutupi jalan dengan menyemprotkan air dari kendaraan damkar,” terang Jembar kepada Radar, Jumat (20/11).

Dia menambahkan, material longsoran sempat menyebabkan kendaraan tidak bisa melintas termasuk aktivitas warga di dua desa terganggu karena tidak bisa dilalui jalannya.

Loading...

“Namun, sebelum jumatan, jalan sudah bisa dibersihkan dan dilalui oleh kendaraan serta masyarakat bisa kembali beraktivitas normal, kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada di musim penghujan ini,” tambah dia.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin menambahkan, bencana bisa terjadi kapan dan di mana pun, apalagi saat musim hujan seperti ini.

“Bencana bukan tanggung jawab satu pihak atau instansi, tapi tanggung jawab kita semua termasuk warga masyarakat setempat, ancaman dan situasi bencana ini bisa kita selesaikan dengan cepat dikala kebersamaan dan gotong royong,” ujar dia.

Lanjut dia, BPBD tetap mengingatkan masyarakat waspada ketika musim hujan baik dari bencana longsor atau banjir. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.