Di Cisayong, Ngurus Berkas dan Izin ke Desa Wajib Bawa Sampah

476
0
MENYERAHKAN. Warga Desa Cisayong memberikan sampah plastik sebagai syarat mendapatkan pelayanan, Senin (2/3). RADIKA ROBI RAMDANi / RADAR TASIKMALAYA

CISAYONG – Pemerintah Desa Cisayong memberlakukan peraturan unik bagi warganya yang akan mengurus administrasi kepen­dudukan dan berkas lain­nya. Yakni, setiap warga diimbau membawa sampah plastik.

“Ketika akan mengurus berkas-berkas, warga wajib membawa sampah plastik ke desa sebagai syarat yang sudah diberlakukan,” ujar Kepala Desa Cisayong Yudi Cahyudin kepada Radar, Senin (2/3).

Baca juga : Longsor di Cisayong Tasik, Akses Jalan 2 Desa Kembali Normal, Tapi..

Aturan tersebut, kata Yudi, seba­gai upaya memberikan con­toh kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan di ling­kungan. “Jadi nanti warga se­la­lu ingat untuk memungut sam­pah yang ada di mana pun dan membuangnya ke tempat sampah,” ujarnya.

“Dengan aturan ini diharapkan lingkungan di Desa Cisayong bisa terus bersih dari sampah, terutama sampah plastik.

Adanya pemberlakuan tersebut juga sebagai upaya mengurangi tumpukan sampah di tempat pembuangan sampah atau pun di tempat-tempat tertentu,” katanya, menambahkan.

Kata Yudi, aturan tersebut berlaku untuk semua warga yang ingin mendapatkan pelayanan. Kemudian sudah ditegaskan kepada semua warga, apabila ada yang mengurus berkas dan lainnya tanpa membawa sampah tidak akan dilayani dan disuruh pulang dulu mencari sampah plastik.

“Penerapan mulai diberlakukan hari ini (kemarin) dan masyarakat sangat menyambut dengan antusias. Sehingga pembuatan hal surat menyurat yang berurusan dengan desa di dengar juga oleh masyarakat dengan membawa sampah tersebut ke pihak desa,” katanya.

Lanjut dia, ide kreatif ini untuk memberikan edukasi bagi masyarakat, sehingga pe­duli akan kebersihan. Karena sam­pah itu bisa berguna ketika dimanfaatkan, juga bisa me­ngurangi volume sampah yang ada di Desa Cisayong. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.