Di Kab Tasikmalaya Banyak APK yang Bukan Difasilitasi KPU Terpasang

22
RAPAT. Badan Pengawas Pemilu, KPU, Satpol PP dan Dishub menggelar rapat koordinasi jelang penertiban alat peraga kampanye yang tidak sesuai dengan PKPU Rabu (24/10).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SINGAPARNA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya masih menemukan alat peraga kampanye (APK) yang tidak sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU).

Seperti pemasangan di angkutan umum, pohon, tempat ibadah dan bukan yang difasilitasi KPU. Hal itu terungkap usai Rapat Koordinasi alat peraga kampanye di Kantor Bawaslu, Rabu (24/10).

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda mengatakan rapat koordinasi ini sebagai persiapan penertiban APK yang tidak sesuai dengan PKPU. “APK di luar yang difasilitasi oleh KPU milik calon legislatif (caleg) atau capres yang dibuat parpol atau tim sukses yang sudah bertebaran selama ini akan ditertibkan jika tidak sesuai dengan peraturan KPU tentang kampanye,” jelas Dodi kepada wartawan kemarin.

Kata Dodi, APK yang tidak sesuai dengan PKPU seperti pemasangan di pohon, tiang listrik masjid dan fasilitas pemerintah serta sarana pendidikan. Yang masuk kriteria pemasangan di tempat-tempat tersebut akan ditertibkan. “Sebelum penertiban, KPU terlebih dulu akan mengundang semua parpol dan menyosialisasikan kembali tentang peraturan PKPU soal kampanye,” bebernya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin SP mengatakan masih banyak APK yang terpasang saat ini di luar yang difasilitasi oleh KPU dan akan segera ditertibkan. “Sebelumnya kita imbau dan diberikan sosialisasi dulu terkait aturan. Dengan harapan mereka mampu menertibkan APK yang tidak sesuai dengan PKPU selama tiga hari ke depan,” terangnya.

Apabila pada Senin (29/10), kata dia, APK yang tidak sesuai dengan PKPU masih terpasang akan segrea ditertibkan. “Kalau nanti masih tetap terpasang APK yang tidak sesuai dengan peraturan kampanye, kita akan rekomendasikan Bawaslu untuk menertibkan semua APK yang melanggar,” paparnya. (dik)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.