Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.3%

20.4%

8.3%

67%

Di Kabupaten Tasik, Masih Banyak Warga Tak Pake Masker

98
0
OPERASI MASKER. Petugas gabungan dari Tim Gugus Tugas Covid-19 merazia pengendara yang tidak memakai masker, Selasa (15/9).

Tim Gabungan Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya menggelar operasi terhadap pelanggar protokol kesehatan di Perempatan Jalan Muktamar Cipasung Singaparna, Selasa (15/9).

Dalam razia tersebut masih banyak ditemukan warga yang melanggar protokol kesehatan, terutama tak memakai masker.

Baca juga : Jembatan Cirahong Rusak Parah, Pemkab Ciamis & Tasik Diminta Perbaiki

Ratusan pelanggar yang tidak menggunakan masker diberikan teguran dan arahan oleh petugas untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Karena, pandemi Covid-19 belum berakhir dan jumlah kasusnya masih mengalami peningkatan secara nasional, termasuk di Kabupaten Tasikmalaya.

Kasatpol-PP Kabupaten Tasikmalaya Iwan Ridwan mengatakan, petugas gabungan menggelar operasi yustisi selama dua pekan ke depan. Sehingga masyarakat bisa lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Sasarannya pelanggar protokol kesehatan mulai dari yang tidak mengenakan masker hingga abaikan jaga jarak,” katanya disela operasi di Jalan Muktamar, Singaparna.

Menurut dia, petugas mencatat 100 lebih pelanggar yang tidak menggunakan masker. Mereka ditilang dengan SICAPLANG, aplikasi pencatatan pelanggar.

“Jadi selain data pribadi, foto pelanggar juga di-upload dalam aplikasi yang bisa diakses secara online. Pelanggar tidak bisa berbohong jika kembali terjaring operasi yustisi dan akan mendapat sanksi berat,” kata dia.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Hendria Lesmana SIK menambahkan, kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di Kabupaten Tasikmalaya masih minim. Terbukti dalam operasi kali ini masih banyak yang acuh menerapkannya, seperti memakai masker.

Petugas gabungan, kata dia, mengimbau masyarakat agar selalu mengenakan masker saat berkegiatan di luar rumah. “Kami imbau masyarakat agar protokol kesehatan dilakukan dengan kesadaran, bukan karena kami tindak,” kata dia.

Baca juga : AWAS! Kepergok Petugas Tak Pakai Masker di Tasik Langsung Disanksi..

Apalagi, tambah dia, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya terus mengalami kenaikan. “Maka dari itu penting bagi masyarakat memakai masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan,” tambah dia.

Uum (50), salah satu pelanggar mengatakan, dirinya terkena razia saat menggunakan sepeda motor tidak memakai masker. “Ya tadinya saya tidak takut Covid-19, karena di kampung saya tidak ada kasusnya,” ujar dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.