Di Kota Banjar, Katanya Bikin e-KTP Satu Jam Beres

101
0
Loading...

BANJAR – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjar Nana Suryana mengklaim sudah bisa melayani pembuatan administasi kependudukan, seperti KTP-el, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan Akta Kematian selama satu jam.

ahkan, saat rapat dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh melalui virtual meeting, Nana menyampailan Kota Banjar sudah siap dengan pelayanan kecepatan pembuatan adminsitrasi kependudukan tersebut.

“Rencananya kita akan launching untuk pelayanan adminsitrasi kependudukan satu jam selesai. Namun masih kami rencanakan waktu ya, karena sambil membenahi kemampuan pelayanan sumber daya manusia (SDM). Kami juga terus melakukan uji petik dari pelayanan yang terus kami tingkatkan,” kata Nana di runag kerjanya, Kamis (12/11).

Baca juga : 20.280 UKM di Kota Banjar Diusulkan Dapat Bantuan PEN Tahap II Rp2,4 Juta

Ia menjelaskan pelayanan satu jam bisa dilakukan lantaran prosesnya sudah menerapkan sistem online. Data pengaju disulkan ke pusat melalui sistem online, kemudian pusat menurunkan barcode untuk satu dokumen. Setelah barcode ditandatangi, maka dokumen kependudukan bisa langsung dicetak saat itu juga.

“Namun dengan syarat semua kelengkapan dari masyarakat yang mengajukan sudah lengkap. Contoh untuk pembuatan KTP-el yang pindah domisili, pengaju harus sudah selesai mencabut dokumen dari daerah asal. Kalau sudah selesai tinggal didaftarkan di Disdukcapil Banjar, kemudian diproses sampai ke pencetakan KTP-el,” kata dia.

Ia menjelaskan untuk pembuatan KTP-el pindahan dari wilayah sebelumnya, Nomor Induk Kependudukan (NIK) tetap sama. Namun akan menyesuaikan domisili yang baru, seperti kode provinsi, kota, dan kecamatan. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.