Di Kota Tasik, Beberapa Kali Pasien Sembuh Kembali Positif Covid-19

55
0
AMBIL SAMPEL. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) H Tedi Setiadi menjalani swab test pasca salah satu pegawainya mengalami re-infeksi, Senin (8/2/2021). RANGGA JATNIKA/RADAR TASIKMALAYA
Loading...

CIPEDES – Pasien positif Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh tidak serta-merta terbebas dari ancaman wabah. Di Kota Tasikmalaya terjadi beberapa kali kasus pasien yang terkonfirmasi positif lebih dari satu kali.

Hal itu diakui Kabid Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr Asep Hendra. Dia menyebutkan pasien yang sudah sembuh tetap berpotensi kembali tertular virus. “Bisa tertular lagi, namanya re-infeksi,” ujarnya kepada Radar, Senin (8/2/2021).

Di Kota Tasikmalaya, pihaknya sudah beberapa kali menemukan kasus re-infeksi. Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak jika dibandingkan pasien yang baru terinfeksi. “Ada beberapa, kalau banyak sih tidak,” ujarnya.

Soal potensi bahayanya, baik infeksi pertama maupun re-infeksi sama-sama berisiko. Karena tidak semua pasien sembuh bisa membentuk kekebalan tubuh dari Covid-19. “Bisa jadi yang pertama tidak terbentuk antibodi,” ujarnya.

Maka dari itu, untuk pasien yang sudah dinyatakan sembuh tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Terlebih bagi yang memiliki penyakit bawaan atau comorbid. “Jadi sama-sama bahaya,” kata dia menerangkan.

loading...

Dia menekankan protokol kesehatan menjaga seseorang dan juga orang-orang di sekitarnya. Karena yang perlu dijaga dari wabah virus ini bukan hanya diri sendiri. “Ada teman, ada keluarga dan orang-orang di sekitar kita,” katanya.

Salah satu kasus re-infeksi terjadi pada pegawai Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3). Hal tersebut diakui Kepala DKP3 Kota Tasikmalaya, H Tedi Setiadi, dimana pegawainya dua kali terkonfirmasi positif.

“Sebelumnya yang bersangkutan pernah positif, sekarang positif lagi,” tuturnya.

Maka dari itu, dia dan beberapa pegawai yang melakukan kontak erat langsung menjalani swab test. Hal itu untuk pendeteksian satgas ketika ada penularan terhadap para pegawai di DKP3.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak#jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun (rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.