Di Pangandaran Ada 320.000 DPT

71
0
muhtadin
muhtadin

PANGANDARAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran menyebutkan bahwa total ada 320.008 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pilkada 2020.

Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin mengatakan bahwa jumlah tersebut sudah ditetapkan dalam rapat pleno yang dilaksanakan pada Sabtu (10/10).

“Agenda penetapan DPT ini dilaksanakan sesuai jadwal yang ditetapkan dan dihadiri oleh perwakilan dari partai politik, pemerintahan dan Bawaslu tentunya,” kata dia kepada Radar, Minggu (11/10).

Menurut dia, warga yang belum masuk ke dalam DPT tetap bisa menyalurkan hak pilihnya. “Nanti masuknya ke dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), tentunya dengan syarat mereka ini memiliki e-KTP,” jelasnya.

Baca juga : Perantau yang Pulang ke Pangandaran Akan di-Swab Test

Ia pun menyebutkan, warga yang belum memiliki e-KTP namun hanya memiliki surat keterangan (suket) bisa masuk DPTb dan bisa menyalurkan hak pilihnya. “Selama suket itu dikeluarkan oleh dinas terkait dan masih berlaku,” ujarnya.

Sementara itu, kata dia, total ada 400 pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dari hasil uji publik penetapan DPS menjadi DPT. “Alhamdulillah semuanya terkoreksi,” ujarnya. Kata dia, yang 400 itu termasuk mereka yang sudah meninggal dunia, NIK ganda dan lain-lain. “Semuanya sudah di perbaiki,” katanya.

Ketua Bawaslu Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan bahwa catatan hasil pengawasan DPT tersebut, memang ada beberapa yang harus dikoreksi.

“Kita langsung kirim beberapa catatan atau rekomendasi perbaikan ke KPU, termasuk masih adanya NIK ganda dan pemilih yang sudah meninggal. Sebelum pleno semuanya sudah dikoreksi,” katanya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.