Di Pilkada Kabupaten Tasik, Kader NU Bebas Milih

180
0
KH Atam Rustam Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya

TASIK – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tasikmalaya menegaskan sikap netral di Pilkada Tasikmalaya 9 Desember 2020.

Hal itu ditegaskan Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya KH Atam Rustam. Menurutnya, sikap PCNU di dunia politik sudah dipastikan netral dan tidak akan mengarahkan kader NU memilih salah satu pasangan calon.

Baca juga : Kader PKB Kabupaten Tasik Tetap Dukung Mantan Ketuanya No Urut 1

“Secara kelembagaan NU adalah organisasi kemasyarakatan (ormas), dan tidak terjun ke dunia politik praktis. Sehingga tidak ada penekanan kepada kadernya untuk memilih siapa pun paslon,” ujar KH Atam kepada Radar, Jumat (16/10).

Namun, kata KH Atam, secara pribadi dirinya sudah mendengar informasi adanya broadcast WhatsApps group dari Rais Syuriah PBNU, KH Ahmad Ishomudin yang menganjurkan memilih kepada salah satu pasangan calon di Pilkada Tasikmalaya.

“Tetapi untuk pesan WhatsApps-nya, saya sendiri belum menerima. Saya hanya mengetahui informasi dari pengurus NU yang lain,” tegas KH Atam.

Dia menjelaskan untuk instruksi khusus dari PBNU kepada PCNU Kabupaten Tasikmalaya untuk memilih salah satu pasangan calon di Pilkada Tasik tidak ada.

“Kalau instruksi langsung ke PCNU tidak ada, artinya tidak ada arahan memilih salah satu paslon, ” tegas Atam.

Dia pun mengetahui kabar yang didapatkannya, bahwa Wakil Ketua PBNU, KH Abdul Manan mendukung pasangan calon nomor urut satu (Azies Rismaya Mahpud-Haris Sanjaya, Red) dan Rais Syuriah KH Ahmad Ishomudin mendukung nomor empat Iwan-Iip di Pilkada Tasikmalaya.

“Tapi saya tegaskan bahwa sikap PCNU Kabupaten Tasikmalaya di Pilkada Tasik ini tidak mendukung siapa pun atau salah satu pasangan calon,” paparnya.

“Dan tidak mengarahkan kader NU untuk memilih calon. Artinya kader NU bebas memilih siapa pun, karena secara umum dari pimpinan PBNU tidak ada instruksi untuk memilih pasangan calon di Pilkada serentak 2020,” terang dia.

Yang paling ditekankan, tambah KH Atam, PCNU di Pilkada Tasikmalaya yakni menjaga kondusivitas, keamanan, kelancaran, ketertiban dan tetap jaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Karena secara kelembagaan PCNU adalah ormas Islam bukan partai politik, jadi secara lembaga PCNU netral. Tidak memihak kepada pasangan calon atau partai politik mana pun,” tambah dia.

Sekretaris PCNU Kabupaten Tasikmalaya, Drs Abdul Wahid menambahkan sikap PCNU sebagai lembaga organisasi kemasyarakatan jelas netral.

“Untuk itu, bagi kader NU di Kabupaten Tasikmalaya, tidak ada arahan dan dipersilahkan hak politiknya digunakan, memilih sesuai pilihannya,” tambah dia.

Seperti diketahui, pada Pilkada Tasikmalaya 9 Desember 2020 ini, ada tiga kader NU yang maju sebagai bakal calon wakil Bupati Tasikmalaya. Mereka adalah Haris Sanjaya, Cecep Nurul Yakin dan Iip Miptahul Paoz.

Ketiga
Diberitakan sebelumnya, pasangan calon H Azies Rismaya Mahpud dan H Haris Sanjaya kembali mendapat suntikan tenaga untuk memenangkan kontestasi Pilkada Tasikmalaya 9 Desember 2020.

Hal tersebut ditandai dengan adanya pernyataan dari Ketua PC NU Kota Tasikmalaya, KH Ate Musodik Bahrum saat bersilaturahmi ke kediaman Azies di Jalan BKR Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya, Kamis (15/10).

Pada kesempatan tersebut, KH Ate menyampaikan bahwa dirinya sekitar tiga minggu lalu. Mendapat instruksi dan arahan untuk memenangkan pasangan Azies-Haris di Pilkada sebagai instruksi dari Pengurus Besar NU (PBNU).

“ Tiga minggu lalu PCNU kedatangan KH Ulul Manan. Intinya ia berpesan bahwa harus memenangkan Pak Azies, katanya itu perintah PBNU,” ujar KH Ate di sela kunjungannya, Kamis Pagi (15/10).

Baca juga : Logo Hari Jadi ke-19 Kota Tasik Seperti Love, Ini Kata Wali Kota..

KH Ulul Manan, lanjut KH Ate, menyampaikan doa restu ter­hadap Azies yang diketahui telah ber­silaturahmi dengan Ketua PBNU KH Said Aqil Siraj beberapa bulan lalu se­belum pendaftaran paslon dimulai.

Hal itu, menandakan restu tersebut men­jadi tenaga bagi pasangan Azies-Ha­ris un­tuk melangkah pasti dalam meme­nang­kan Pilkada nanti. (dik/igi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.