Dibuka Bupati, Wisata Irigasi Talangseng Cilawu Garut Airnya Keruh

179
0
istimewa DISERBU WISATAWAN. Wisatawan menikmati Objek Wisata Talangseng di wilayah Cimaragas Kecamatan Cilawu.

GARUT KOTA – Setelah diresmikan oleh Bupati Garut H Rudy Gunawan Sabtu (4/7), Objek Wisata Talangseng di wilayah Cimaragas Kecamatan Cilawu mulai diserbu wisatawan lokal.

Selain melihat pemandangan alam, pengunjung juga datang untuk bermain air di saluran irigasi tersebut.

Baca juga : Ibu & Anak Warga Karangpawitan Garut Tinggal di Gubuk Tanpa Dinding, tak Punya Rumah Tetap

Tetapi para pengunjung mengeluh dengan kondisi air di kawasan wisata Irigasi Talangseng. Airnya kotor. Wisatawan khawatir menimbulkan penyakit bagi pengunjung.

“Saya lihat sumber airnya ada pembuangan dari rumah warga, mengalirnya ke irigasi,” kata Didin (40) warga Garut Kota yang pernah berkunjung ke kawasan Irigasi Talangseng Rabu (8/7).

Dirinya pun awalnya penasaran berkunjung ke Irigasi Talangseng. Namun setibanya di lokasi, kondisinya terlihat mencurigakan. Dia pun menelusurinya.

“Saya main ke sana karena penasaran, tapi pas dilihat sumber airnya ternyata kotor,” katanya.

Ia heran dengan kebijakan pemerintah kabupaten yang meresmikan kawasan itu tanpa mempertimbangkan kesehatan atau dampak buruk jika mandi di saluran air itu.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah tidak menyiapkan tempat pemandian bagi pengunjung setelah beraktivitas main di aliran air irigasi. “Di tempat kolam renang saja ada tempat untuk mandi, bersih-bersih, di sana tidak ada, saya heran kenapa diresmikan untuk tempat wisata,” terangnya.

Menanggapi itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut akan meninjau kembali kawasan wisata air yang baru diresmikan oleh Bupati Garut Rudy Gunawan.

Baca juga : Warga Garut Maling HP di Indihiang Tasik, Diringkus Setelah Saling Pukul Pake Helm

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut Budi Gan Gan akan mengidentifikasi lebih lanjut bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Garut. “Nanti kita cek dulu pak sama PUPR karena wisata itu ada di bawah PUPR,” kata Budi.

Ia menyampaikan hasil kajian sebelumnya sarana di kawasan Irigasi Talangseng itu sudah bisa dikunjungi wisatawan lokal untuk menikmati aliran air maupun pemandangan alamnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.