Diduga Ada Pelanggaran Dana Desa, Warga Langkaplancar Datangi Inspektorat

710
1
LAPORKAN. Masyarakat Desa Jayasari Kecamatan Langkaplancar melaporkan dugaan pelanggaran proyek dana desa ke Inspektorat Kabupaten Pangandaran Kamis (21/2). (Deni Nurdiansah / radartasikmalaya.com)
Loading...

PARIGI – Sejumlah warga dari Desa Jayasari Kecamatan Langkaplancar mendatangi gedung Inspektorat Kabupaten Pangandaran. Mereka meminta tindakan tegas dan kejelasan hukum terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh pihak desa saat pengerjaan proyek dana desa.

“Karena selama ini kami merasa adanya ketimpangan hukum, kami ingin adanya pengawasan hukum terhadap desa kami,” ucap salah satu tokoh masyarakat Jayasari Igi Indrabayu kepada wartawan kemarin (21/2).

Menurutnya, banyak anggaran proyek di desa tersebut tidak jelas pengelolaannya. ”Saya merasa pihak desa tidak transparan soal anggaran, sehingga kurang difahami oleh masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya, lanjut dia, ada upaya menanyakan langsung ke pihak desa terkait kejelasan anggaran proyek itu. Akan tetapi tidak pernah membuahkan hasil.

”Kalau memang ada indikasi harus ditindak, kalau tidak ada ya kami akan menerimanya dengan baik. Tapi tetap harus ada pengawasan yang sejujurnya,” tutur dia.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Pangandaran Apip Winayandi mengatakan sesuai prosedur pihaknya akan menindaklanjuti laporan tersebut. ”Kita akan telusuri dan menurunkan tim untuk memeriksanya,” ucap dia.

Menurut dia, berdasarkan pengawasan berbasis risiko baru 16 desa yang diperiksa Inspektorat. ”Kalau Desa Jayasari memang belum diperiksa, tapi tetap kalau masalah risiko semua desa juga memiliki risiko, karena anggaran desa terus bertambah setiap tahun” terangnya.

Loading...

Ia pun sangat berterimakasih kepada warga yang telah melakukan pelaporan kepada Inspektorat. Itu artinya mereka ikut melakukan pengawasan terhadap desa. ”Artinya kita juga sangat terbantu,” katanya. (den)

loading...

1 KOMENTAR

  1. Kepala desa jayasari banyak melakukan pelanggaran.. Baik infrastruktur jln heler bantuan peternakan dll… Inspektorat harus menindak lanjuti kasus ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.