Digugat Anak Buahnya, Surya Paloh: Kader Tak Ngerti AD/ART

16

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

JAKARTA – Kisman Latumakulita, seorang  kader Partai Nasional Demokrat (NasDem) menggugat ketua umum partainya, Surya Paloh.

Kisman menggugat karena merasa masa jabatan Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai NasDem sudah berakhir sejak 6 Maret 2018.

Surya Paloh menanggapi santai gugatan sang anak buah. Dia menyebut Kisman tak paham AD/ART partai.

“Dia tak paham AD/ART partai,” katanya usai menghadiri kegiatan launching Buku dari Wartawan ke Senayan, Kamis (25/10) di gedung Parlemen.

Diakui Paloh, masa jabatannya sebagai Ketua Umum Partai NasDem menang telah berakhir pada 6 Maret 2018 lalu. Namun ada kebijakan yang diambil oleh majelis partai.

Kebijakan diambil  karena saat ini masa sedang menghadapi Pemilu. Dan apa yang diambil majelis partai sudah sesuai sengan AD/ART Partai Nasdem.

“Berakhirnya (masa jabatan ketua umum, Red) memang 6 Maret 2018 lalu. Namun, ada kebijakan berdasarkan makanisme AD/ART yang ada di partai. Kelihatan dia (Kisman Latumakulita) nggak baca dan nggak ngerti itu,” tegas Surya Paloh sembari tertawa.

Diakuinya, ada struktur tertinggi di partai yakni majelis partai. Majelis partai yang memiliki kewenangan untuk memerintahkan partai misalnya untuk menunda pelaksanaan kongres dengan alasan untuk menghadapi pemilu.

Nah, Sesudah pemilu sudah harus dilaksanakan kongres selambat-lambatnya akhir Desember.

Dalam tubuh partai, katanya, ada struktur tertinggi partai yakni majelis partai. “Karena akan ada Pilkada, maka majelis partai menunda pelaksanaan kongres. Dan kongres baru akan digelar setelah Pilkada nanti.  Nah, itu yang harus dipatuhi oleh DPP. Adik saya itu kurang baca dan nggak memahami AD/ART partai,” tegas Ketua Umum Partai Nasdem ini.

Untuk diketahui, Surya Paloh digugat oleh kader Partai Nasdem karena diduga masa jabatan Surya Paloh sebagai ketua umum sudah berakhir pada 6 Maret 2018 lalu.

Dengan demikian maka semua keputusan partai yang ditandatangi Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai NasDem menjadi tidak sah secara hukum.

Bahkan, bisa dikategorikan ilegal karena tidak memiliki dasar hukum. Gugatan Kisman Latumakulita ternyata sudah diajukan ke Mahkamah Partai dan diterima Sekretariat Mahkamah Partai Nasdem pada Selasa 23 Oktober.

(gat/fin)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.