Dikira Boneka, Ternyata Janin Bayi

AMANKAN BAYI. Anggota Polsek Tarogong Kaler mengamankan janin bayi yang ditemukan warga Kampung Tegal Jambu Kelurahan Pananjung Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut kemarin.

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAROGONG KIDUL – Warga Kampung Tegal Jambu Kelurahan Pananjung Kecamatan Tarogong Kaler digegerkan dengan penemuan janin bayi saat melaksanakan kerja bakti membersihakan saluran air, Selasa siang (11/9).

Kapolsek Tarogong Kidul Iptu Tito Bintor mengatakan janin bayi berjenis kelamin laki-laki dan diperkirakan berusia lima sampai enam bulan ini ditemukan warga yang sedang kerja bakti membersihkan selokan dan pipa air bersih sekitar pukul 11.30.

“Saat bersih-bersih warga mengira boneka kecil, tetapi ketika dilihat ternyata bayi laki-laki,” terangnya kepada wartawan di kantornya, kemarin.

Tito menduga janin bayi dengan berat 0,5 gram dan panjang 13,5 sentimeter itu diperkirakan baru saja dilahirkan oleh ibunya. Pasalnya kondisi bayi masih memerah dan terdapat ari-ari yang menempel.

“Kami menduga janin bayi ini dibuang oleh pelaku pada pagi hari, karena saya lihat kondisinya masih segar,” terangnya.

Untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut, kata dia, janin bayi tersebut kini sudah dibawa ke RSUD dr Slamet untuk dilakukan pemeriksaan. “Kami periksa dulu, untuk mengungkap siapa pelakunya,” papar dia.

Tito menambahkan saat ini pihaknya terus menyelidiki kasus pembuang janin bayi ini. Sejumlah saksi sudah diperiksa untuk mengetahui siapa pelakunya. “Mudah-mudahan secepatnya pelaku bisa tertangkap,” ujarnya.

Sementara itu, Eden (36), penemu janin bayi mengaku awal menemukan janin bayi tersebut dirinya berpikir itu boneka dan berniat akan digunakan gantungan kunci. Karena dirinya melihat bentuknya unik.

“Tetapi ketika saya mau ambil dan dilihat lebih dekat ternyata mayat bayi. Masih merah dan ada ari-arinya juga,” katanya.

Adanya temuan tersebut, dia langsung berteriak kepada warga lain yang sedang bekerja bakti perihal temuannya tersebut.

“Warga langsung berdatangan. Jelang beberapa saat polisi datang dan membawanya,” kata dia.

Dia berharap pelaku pembuangan janin bisa segera ditemukan. Perbuatan tersebut harus diberi hukuman yang setimpal karena sudah membunuh nyawa.

“Kami warga di sini merasa resah dengan adanya temuan seperti ini. Jadi polisi harus segera menangkap pelakunya,” katanya. (yna)

loading...