Dilarang Garap Lahan, Petani Protes

166
0
MEDIASI. Kabag Ops Polres Banjar Kompol Shohet meminta warga menyelesaikan sengketa penggarapan lahan dengan PTPN Vlll di Mako Polres Banjar Kamis (7/3).

BANJAR – Puluhan petani Desa Rejasari Kecamatan Langensari berkumpul di Blok Citayam Kamis (7/3). Mereka melayangkan protes kepada PTPN VIII Mandalare. Protes dilakukan karena mereka dilarang menggarap lahan di Blok Citayam.

Yayan, salah satu perwakilan dari PTPN VIII mengaku perusahaan tidak memberikan izin karena hak guna usaha (HGU) tanah seluas tiga ribu hektare itu telah kedaluarsa sejak 1997.

“Kami mengizinkan dan menawarkan kepada warga untuk menggarap lahan di area Desa Sinartanjung Kecamatan Pataruman dan Desa Rejasari, bukan di Blok Citayam. Serta tanaman yang ditaman itu berupa palawija yang dalam beberapa bulan sudah bisa dipanen. Kemudian tanah tersebut bukan untuk diperjualbelikan dan membuat surat pernyataan untuk mematuhi aturan yang berlaku di PTPN,” ungkapnya.

Yosep, salah seorang perwakilan petani mengatakan warga tidak terima karena tidak diizinkan menggarap lahan di Blok Citayam. Akhirnya warga berkumpul untuk melayangkan protes kepada perusahaan milik pemerintah itu.

“Dari pihak perwakilan warga belum dapat membuat keputusan sehingga kami akan meminta pertemuan pada 13 Maret 2019 dengan pihak perusahaan,” ujarnya.

Polres Banjar yang mendapat informasi itu langsung menurunkan sekitar 50 personel. Kabag Ops Polres Banjar Kompol Shohet menyarankan masyarakat menyelesaikan persoalan dengan PTPN VIII di Polres Banjar. “Akhirnya mereka menuruti saran kami,” ujar Shohet.

AKBP Yulia Perdana SIK memfasilitasi pertemuan antara warga dengan pihak PTPN Mandalare. “Saya sampaikan kepada kedua belah pihak agar saling berkomunikasi di sini (Mako Polres Banjar) dengan tujuan untuk mencapai mufakat dengan kepala dingin dan utamakan dialog agar titik permasalahan dapat dipecahkan,” ucap kapolres.

Ia menjelaskan untuk sementara lahan Blok Citayam dalam status quo atau tidak ada yang beraktivitas sampai dengan ada titik temu atau solusi dari permasalahan tersebut. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.