Dilarang Libatkan Anak-Anak

266
0
Loading...

CIAMIS – Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Lembaga Panwaslu Kabupaten Ciamis Fahmi Fajar Mustopa SPdI menekankan tim kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Ciamis agar tidak melibatkan anak-anak dalam kampanye. Hal itu telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 280 Ayat 2 yang menyebutkan bahwa pelaksana dan atau tim kampanye dalam kegiatan kampanye Pemilu dilarang mengikutsertakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tidak memiliki hak memilih.

“Asumsinya, anak-anak belum punya hak pilih yang memang masih kecil dan belum punya Kartu Tanda Penduduk (KTP),” jelasnya kepada Radar, Jumat siang (23/3).

Sejauh ini, kata dia, pihaknya belum menerima laporan tentang kampanye yang melibatkan anak-anak. Namun bila ditemukan, akan ditindak tegas karena telah melanggar aturan kampanye. “Makanya (anak) jangan sampai dilibatkan dalam kampanye,” imbaunya.

Lain lagi dengan anak yang usianya diperkirakan akan mencapai usia 17 tahun sebelum pencoblosan. Mereka akan memiliki hak pilih pada waktunya, sehingga sudah pantas diberi sosialisasi politik sebagai pemilih pemula.

Namun, untuk anak-anak yang usianya masih jauh dari usia hak pilih, mereka berhak mendapat perlindungan dari peyalahgunaan kegiatan politik, pelibatan dalam sengketa bersenjata, pelibatan dalam kerusuhan sosial, pelibatan dalam peristiwa yang mengandung unsur kekerasan dan pelibatan dalam peperangan serta kejahatan seksual.

Loading...

“Hal itu jelas diatur sesuai perundang-undangan yang berlaku. Maka, tim kampanye kami himbau tidak boleh melibatkan anak yang belum cukup umur dalam politik,” paparnya.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis Divisi Hukum Didi Heryadi SH menegaskan anak-anak tidak boleh dilibatkan dalam kegiatan politik. Apa pun bentuknya. Baik kampanye terbuka, rapat umum, pertemuan terbatas maupun tatap muka. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.