Dilatih Mobile Marketing, Diberi Modal

16
WORKSHOP. Dosen Fakultas Teknik Prodi Elektro Universitas Siliwangi Nurul Hiron ST MEng memberikan bantuan bahan baku mendong kepada UMKM, Selasa (13/8). UJANG NANDAR / RADAR TASIKMALAYA

PURBARATU – Fakultas Teknik Prodi Elektro Universitas Siliwangi (Unsil) menggelar workshop pemasaran produk mendong menggunakan aplikasi mobile marketing di Kelurahan Sukajaya Kecamatan Purbaratu, Selasa (13/8). Workshop tersebut bagian dari program pengabdian kepada masyarakat (PKM).

Dosen Fakultas Teknik Prodi Elektro Unsil Nurul Hiron ST MEng menyatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut kegiatan PKM pada pengembangan produk unggulan daerah (PPUD). “Sebelumnya kami sudah mengenalkan teknologi digital kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) ) pengrajin mendong sebagai produk marketing,” katanya usai workshop di Kelurahan Sukayaja.

Pada workshop kali ini, pihaknya menghadirkan narasumber dari Dosen Teknik Elektro Andri Ulus Rahayu dan Imam Tauiqurrahman. Mereka memberikan pelatihan cara penggunaan marketing digital. “Diharapkan masyarakat bisa mandiri menggunakan marketing digital ini salah satunya media Facebook,” kata Hiron.

Selain pelatihan, pihaknya juga memberikan dana untuk modal marketing awal. Modal itu untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dalam pemasaran digital. Termasuk pihaknya memberikan modal bahan baku mendong sebanyak lima kuintal. “Mudah-mudahan masyarakat ini bisa merasakan manfaat dari marketing digital dan bisa lebih mandiri,” kata dia.

Dengan bantuan yang diberikan melalui PKM itu diharapakan bisa mendongkrak kreativitas UMKM dalam membuat kerajinan mendong. “Itu sebuah target kami dari kegiatan ini,” ujar Hiron.

Hiron menjelaskan, dalam kegiatan ini pelaku UMKM juga diajarkan teknis pembayaran memalui online yang aman dan terhindar dari penipuan. “Itu harus diketahui oleh masyarakat agar tidak rugi, ketika berjualan memalui online,” tutur dia.

Adapun Facebook dipilih sebagai media digital marketing karena aplikasi tersebut digunakan semua kalangan, bahkan berbasis komunitas. “Sangat sesuai bila diterapkan untuk produk unggulan mendong ini,” kata dia.

Narasumber workshop Imam Tauiqurrahman, dalam pelatihan itu memberikan tips mempromosikan produk melalui internet dengan platform Facebook ID. “Kami memberikan pelatihan cara membuat halaman Facebook-nya, posting-an, dan mempromosikan posting-an di halaman tersebut dengan demografis,” tutur Imam. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.