Dilema The Kid Marcus Rashford

Soccer Football - UEFA Nations League - League A - Group 4 - England v Spain - Wembley Stadium, London, Britain - September 8, 2018 England's Marcus Rashford reacts Action Images via Reuters/Carl Recine

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

MANCHESTER – Penyerang Manchester United, Marcus Rashford menjadi bahan pemberitaan utama media Inggris, sepekan terakhir. Ketajamannya bersama The Three Lions memancing para legenda bicara tentang pemain berjuluk The Kid itu.

Bersama Timnas Inggris, penyerang berusia 20 tahun tersebut melesakkan dua gol di laga internasional. Satu gol ia jaringkan ke gawang Spanyol pada laga UEFA Nations League. Sedangkan satu lainnya ia lesakkan ke gawang Swiss di pertandingan uji coba.

Apa yang ditunjukkan Rashford di timnas menjadi sorotan karena sangat bertolak belakang dengan situasinya di MU. Bersama klubnya, Rashford sejauh ini baru sekali menjadi start dan total hanya bermain 122 menit di Premier League musim ini.

Situasi di klub itu juga sudah dipastikan tidak akan membaik dalam waktu dekat karena pemain akademi United itu terkena larangan bermain tiga pertandingan. FA memberinya sanksi setelah menanduk pemain Burnley, Phil Bardsley.

Walau nantinya bisa kembali bermain, banyak yang pesimis Rashford akan bisa langsung menunjukkan kehebatannya di Old Trafford. Manajer MU, Jose Mourinho, diklaim masih akan lebih memilih Romelu Lukaku ataupun Alexis Sanchez.

Makanya, para legenda Inggris terus mendesak Rashford untuk segera angkat kaki dari Old Trafford. Kalau tetap memilih bertahan, Rashford diprediksi akan kesulitan berkembang. Apalagi, Mourinho cenderung memainkan dia di posisi penyerang sayap.

“Selama Lukaku fit, Rashford tidak akan memulai permainan sebagai penyerang tengah. Bahkan jika Lukaku tidak bermain, saya bertaruh Mourinho akan memainkan Alexis Sanchez sebagai penyerang tengah,” ujar Alan Shearer dikutip AS.

“Rashford harus pindah dengan mendapat kepastian kalau klub barunya akan menjadikan dia penyerang utama, seorang striker. Dengan begitu saya yakin dia akan berkembang menjadi pencetak gol yang hebat,” lanjut legenda Inggris itu dikutip dari CNN.

Legenda lainnya, Jamie Carragher berpikiran sama. “Jose Mourinho pasti akan lebih memilih Lukaku daripada Rashford. Ia harus mencari klub baru untuk menyelamatkan kariernya. Everton adalah klub yang bisa memberikan jaminan bermain kepada Rashford,” kata Carragher.

Manajer Inggris, Gareth Southgate sementara itu mengaku tidak mengkhawatirkan kurangnya waktu bermain Rashford di United. “Bukan urusan saya untuk mengganggu manajer klub. Mereka memiliki pekerjaan yang sulit untuk dilakukan,” kata Southgate di Sport360.

Southgate percaya Mourinho adalah pengagum Rashford. “Jose memikirkan dunia Marcus. Dia adalah pengagum beratnya, tetapi dia harus melakukan tugasnya. Ada persaingan besar untuk tempat di klubnya sehingga Anda harus dapat memahami hal itu. Saya memahami kesulitan manajer klub. Mereka harus mencoba dan memenangkan pertandingan,” ujarnya.

Sang pelatih sendiri yakin Rashford kembali ke Old Trafford dengan kepercayaan diri tinggi. Alasannya, mereka sudah membuat Marcus merasa penting selama jeda internasional. “Keyakinannya meningkat, saya yakin, dua gol melawan tim yang berkualitas tinggi,” tutupnya. (amr/abg/fin)

loading...