Dinas Khawatir Sarana Rusak

34
0
DILARANG. Suasana di Gor Sukapura yang tidak boleh lagi digunakan untuk kegiatan musik indoor, Selasa (6/8). RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

TAWANG – Kebijakan larangan penggunaan Gor Sukapura dan GGM Dadaha untuk kegiatan musik dilakukan untuk menjaga sarana olah raga tersebut. Untuk menutupi kekurangan pendapatan retribusi, pemkot mewacanakan kenaikan tarif retribusi sewa gedung.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya Aan Hadian mengatakan, dilarangnya kegiatan musik di Gor Sukapura ditujukan untuk menjaga sarana olahraga. Karena pada prinsipnya, bangunan tersebut disediakan untuk aktivitas olahraga. “Khawatirnya kan ada yang rusak kalau digunakan untuk acara musik,” ujarnya.

Pihaknya tidak ingin mengambil risiko karena retribusi yang dipungut bisa tidak sebanding dengan biaya perbaikan ketika nanti ada kerusakan. “Makanya lebih baik digunakan sesuai dengan fungsinya,” kata dia.

Menurutnya, hal ini tidak perlu menjadi masalah untuk pegiat musik dan event organizer (EO). Pasalnya ruang untuk berkreasi masih bisa menggunakan konsep outdoor yakni di lapangan Dadaha. “Di lapangan saja, kan ada,” tutur dia.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan bantuan untuk pembangunan Gedung Creative Center (GCC) di Dadaha. Diharapkan gedung tersebut bisa memiliki fasilitas untuk acara musik indoor. “Mudah-mudahan di GCC bisa mengakomodir, tapi saya juga belum tahu jelas,” kata dia.

Aan tidak mempersoalkan bila retribusi dari sewa Gor Sukapura dan GGM akan berkurang. Pasalnya, dinas berencana menaikkan retribusi untuk peminjaman gedung. “Karena retribusinya sangat murah hanya Rp 400 ribu, kalau gedung-gedung swasta kan sampai jutaan,” katanya.

Akan tetapi pihaknya belum bisa memberikan bocoran berapa retribusi yang layak untuk peminjaman Gor. Perlu ada pengkajian dengan pihak-pihak terkait untuk menentukannya. “Nanti kita bahas dulu, idealnya berapa,” ujarnya. (rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.