Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

Dinas Kominfo Belum Sanggup Urus Server

31
0
FINGERPRINT.Pemkab Pangandaran sudah menerapkan sistem absensi fingerprint di tiap SKPD. Namun belum bisa menyediakan server Jumat (14/6).

PANGANDARAN – Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Pangandaran belum memiliki server program absensi fingerprint. Untuk sementara server masih dikelola oleh konsultan proyek IT.

Kabid Mutasi dan Pengembangan Karir Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pangandaran, Ganjar Nugraha mengatakan, semua alat sensor fingerprint sudah terpasang di tiap SKPD dan kecamatan.

“Pengelolaan server tadinya mau diserahkan ke Dinas Kominfo, namun karena sesuatu hal mereka belum menyanggupi,” ungkapnya kepada Radar, Jumat (14/6).

Dia menjelaskan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan belum siapnya menyediakan perangkat server, kemungkinan menjadi alasan Kominfo belum menyanggupi. ”Untuk itu, pengelolaan server masih dipegang konsultan,” terangnya.

Pihaknya pun belum siap menyediakan ruangan server. ”Ruangan server itu tidak sembarangan, suhunya harus diatur sedemikian rupa, karena perangkat harus diaktifkan selama 24 jam penuh,” jelasnya.

Kedepan, kata dia, sebelum Dinas Kominfo menyanggupi mengelola server absensi fingerprint tersebut, kemungkinan BKPSDM akan menyewa server kepada salah satu provider.

“Saya sudah minta ke konsultan untuk mengelola sampai akhir tahun, nah nanti bisa kita numpang servernya,” terang dia.

Ganjar mengatakan, pemberlakuan absensi fingerprint tersebut sudah cukup efektif. Hal itu terlihat saat absensi di hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran. ”Hampir semuanya masuk, tapi ada empat orang yang bolos tanpa keterangan,” tuturnya.

Menurut dia, dengan algorithma absensi fingerprint sudah bisa membaca history atau jejak kehadiran pegawai. ”Jadi bisa mempengaruhi tunjangan PNS,” ucapnya.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Yadi Gunawan cukup terkesan dengan sistem fingerprint yang mulai digunakan. ”Jejak kehadiran saya mudah dipantau,” tuturnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.