Dinas Pariwisata Ciamis: Kerajaan Galuh 100% Ada

243
0
Budi Kurnia Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis
Budi Kurnia Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Budi Kurnia memberikan komentar atas pernyataan Ridwan Saidi tentang Galuh dan kerajaan di Ciamis.

Menurutnya, untuk membuktikan bahwa di Ciamis ada kerajaan atau tidak, itu tugasnya ahli sejarah. Kalau sebatas ingin membuktikan sejarah, untuk itu sejarawan harus berbicara. Kalau memang ingin buktinya petilasan, ya datang ke Ciamis. “Saya percaya 100 persen di Ciamis ada Kerajaan Galuh,’’ ujarnya kemarin.

Baca juga : Marcusi: Ridwan Saidi tak Penting & Bukan Ahli Sejarah, Pemkab Ciamis Harus Terbitkan Buku Galuh

Budi memiliki alasan bahwa Kerajaan Galuh itu ada karena nilai-nilanya masih dipakai sampai sekarang dan nama Galuhnya juga ada.

Soal Ridwan Saidi yang mengutip kamus Armenia tentang Galuh, itu berarti, kata dia, nama Galuh sudah dikenal.
“Kalau Galuh ada di bahasa Armenia luar biasa berarti dikenal dimana-mana, itu bukti keberadaan Galuh,’’ tegasnya.

Namun demikian, dia tidak sepakat dengan Ridwan Saidi yang mengutip arti Galuh itu brutal. “Dari bahasa kita, Galuh itu bukan brutal,” ujarnya.

Terkait Ridwan Saidi yang tidak menemukan Kerajaan Galuh di Ciamis, mungkin, kata Budi, dia tidak membaca referensi mengenai Kerajaan Galuh.

Pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Galuh, kata Budi, sudah sangat siap membuat paket napak tilas keberadaan peradaban Galuh di Ciamis.

‘’Jadi dalam hal ini kami siap akan tunjukkan peradaban Galuh sebenarnya,” bebernya.

Baca juga : Budayawan Ciamis Jelaskan Kerajaan Galuh, Fakta & Bukti Masih Ada

Sementara itu, Radar mencoba menghubungi para peneliti sejarah yang pernah meneliti Ciamis, yaitu Prof Dr Nina Herlina Lubis dan Prof Subarna. Namun, nomor handphone Prof Nina tidak aktif. Sementara nomor handphone Prof Subarna aktif, namun selama dua hari dihubungi, belum diangkat. Pun dengan pesan singkat belum mendapatkan balasan. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.