Dinas Pertanian Kabupaten Garut Sarankan Petani Ikut Asuransi Usaha Tanaman Pangan

254
0

TAROGONG KIDUL – Dinas Pertanian Kabupaten Garut meng­instruksikan para petani untuk ikut Asuransi Usaha Tanaman Pangan (AUTP). Hal itu supaya para petani tidak meng­alami keru­gian lebih besar ketika ter­jadi gagal pa­nen yang dise­babkan ber­bagai masalah.

“Ikut asuransi itu sangat membantu petani. Ke­tika kemarau dan gagal panen, tidak ada rugi,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Per­ta­nian Dinas Pertanian Kabupaten Garut Deni Her­diana kepada wartawan di kantornya Senin (1/7).

Ia menuturkan Dinas Pertanian Garut melibatkan unsur pemerintah kecamatan dan pelaksana teknis di lapangan untuk menyampaikan kepada petani tentang manfaat asuransi tanaman pangan. Menurut dia, musim kemarau seringkali menyebabkan tanaman pangan seperti padi dan jenis lainnya gagal panen karena kekurangan air. “Musim kemarau berdampak kekeringan dan selalu mengalami kerugian. Untuk itu asuransi merupakan bagian dari solusi,” katanya.

Ia mengungkapkan sebagian besar petani di Kabupaten Garut belum ikut program asuransi tersebut. Padahal, kata dia, biaya iurannya cukup murah. Saat ini, baru 40 persen petani di Garut yang ikut program tersebut. “Keuntungan dari asuransi itu, jika gagal panen akan diganti 60 persen dari kerugian tersebut dan hal itu bisa meringankan beban petani,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.