Dinas PUPR Siagakan Alat Berat di Jalur Selatan

27
ANTISIPASI. Kepala Dinas PUPR Kabupaten Garut Uu Saepudin saat diwawancara Jumat (21/12). Pihaknya akan menyiagakan alat berat di jalur selatan Garut. (yana taryana / radartasikmalaya.com)

TAROGONG KIDUL – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut menyiagakan sejumlah alat berat di jalur selatan Garut. Hal itu untuk mengatasi kejadian longsor yang bisa menutup jalan wilayah tersebut.

“Kami sudah siagakan, sehingga ketika terjadi longsor yang menutup jalan, bisa langsung diatasi,” ujar Kepala Dinas PUPR Kabupaten Garut Uu Saepudin kepada wartawan di kantornya Jumat (21/12).

Menurut dia, alat berat disiapkan karena melihat kondisi wilayah di jalur selatan Kabupaten Garut yang rawan terjadi longsor, terlebih saat ini anomali cuaca diprediksi mengalami puncaknya pada bulan ini. ”Jadi kami siagakan dengan petugasnya, sehingga bisa cepat dalam menanggulangi jika terjadi longsor ini,” terangnya.

Uu menerangkan ada beberapa titik wilayah di jalur selatan yang rawan longsor, seperti jalur Bungbulang-Caringin, Bungbulang-Cijayana, Pamegatan, Singajaya, hingga Toblong. “Jalur ini paling sering tertutup longsor dan jalan amblas jika hujan deras turun di wilayah ini,” terangnya.

Maka dari itu, pihaknya akan menyiagakan alat berat beserta petugasnya di wilayah tersebut. Sehingga penangannya akan cepat. “Petugas di sana akan stand by, jadi bisa cepat penanganannya,” katanya.

Selain itu, tambah dia, Dinas PUPR Garut juga akan menyiagakan workshop yang akan didirikan di wilayah Kecamatan Cilawu. Lokasi itu dipilih karena strategis untuk bisa menjangkau wilayah di selatan maupun utara Garut.

“Workshop ini dibangun untuk menyimpan sebagian alat berat yang bisa diterjunkan ketika terjadi bencana,” terangnya.

Uu berharap dengan kesiagaan tidak adanya gangguan lalu lintas akibat bencana alam, terutama pada saat libur Natal dan Tahun Baru. “Mudah-mudahan tidak terjadi, kalaupun terjadi bisa diantisipasi dengan cepat,” terangnya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.