Dinas Sewakan Alat Berat Kepada Masyarakat

120
0
ALAT BERAT. Salah satu alat berat yang tersimpan di Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUTRPRKP) Kabupaten Pangandaran Rabu (8/1). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
ALAT BERAT. Salah satu alat berat yang tersimpan di Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUTRPRKP) Kabupaten Pangandaran Rabu (8/1). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Ketersediaan alat berat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran masih sangat sedikit, sehingga perlu ada tambahan unit agar bisa menunjang pelaksanaan proyek.

Kepala Unit Pengelola Teknsi (UPT) Peralatan Labolatorium Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUTRPRKP) Kabupaten Pangandaran Iwan Yayan K mengatakan saat ini Kabupaten Pangandaran hanya memiliki dua jenis alat berat yakni Wiloder CAT 924 K sebanyak 1 unit dan mesin gilas sebanyak 3 unit.

”Untuk mesin gilas ada jenis 4/6 ton sebanyak 1 unit, kemudian mesin gilas jenis 6/8 ton sebanyak 2 unit,” terangnya kepada Radar, saat ditemui di ruang kerjanya Rabu (8/1).

Menurut dia, ada dua unit mesin gilas type 2 ton yang sudah tidak beroperasi lagi.”Mesin gilas tersebut merupakan produksi tahun 1972, sudah sangat tua sekali,” jelasnya.

Dengan keterbatasan alat berat tersebut, sangat berpengaruh pada capaian retribusi. “Ya itu dia, ketersediaan alat berat sedikit sementara pekerjaan banyak, jadi sangat berpengaruh pada retribusi,” terangnya.

Untuk sewa mesin gilas dibanderol dengan harga Rp 500 ribu per 7 jam, sementara sewa Wiloder dihargai dengan harga Rp 150 ribu per jam.

”Hal itu berdasarkan Peraturan Daerah yang merujuk pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 28 tahun 2016,” katanya.

Untuk mengevaluasi dan peng­awasan penggunaan alat tersebut dilakukan oleh pihak OPD. ”Ke depan kami akan menyosialisasikan ke­tersediaan alat berat ini, agar nantinya pengusaha bisa menggunakan alat kami dan retribusi akan meningkat,” jelasnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.