Dinding Sungai Cikaso Ciamis Tergerus Lagi

271
0
ISTIMEWA HANYUT. TPT Sungai Cikaso kembali hanyut akibat tergerus air Selasa siang (26/12).

CIAMIS – Tembok penahan dinding Sungai Cikaso di Kecamatan Banjaranyar kembali hanyut. Tembok yang dipasangi beronjong itu terbawa arus sungai saat hujan mengguyur wilayah itu Selasa (26/12) pukul 14.00. Akibatnya, bibir sungai melebar karena tanahnya ikut tergerus air. Empat rumah di sekitar bantaran sungai juga terancam.
Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ade Waluya menjelaskan pasca robohnya Jembatan Cikaso, pemerintah sempat memasang beronjong sepanjang 100 meter untuk memperkuat TPT Sungai Cikaso. Namun, lagi-lagi jebol oleh derasnya aliran sungai saat hujan kemarin siang. Saat ini, bongkahan tembok tersebut teronggok di tengah sungai bersama endapan lumpur. “Yang terkikis adalah tanah bibir sungai yang terus melebar hingga sekarang. Ada sekitar empat rumah yang kita ketahui terancam,” ungkap Ade saat ditemui di Mako Tagana.
Menurut dia, bencana itu membuat lebar Sungai Cikaso bertambah hampir dua kali lipat. Semula hanya 30 meter. Perlu penanganan serius untuk mengantisipasi terulangnya kejadian serupa. Dia khawatir, ketika hujan deras kembali turun, bibir sungai akan kembali tergerus dan empat rumah di dekatnya ikut terbawa arus.
“Kami, saat ini terus monitor situasi dan diimbau kepada masyarakat di Desa Cikaso Kecamatan Banjaranyar untuk waspada. Mengingat, air sungai terus besar dan menghantam bibir sungai,” katanya.
Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Ani Supian mengatakan BPBD akan kembali memasang beronjong untuk mencegah pengikisan dinding sungai. “Kita akan secepatnya tangani, agar air sungai tidak terus menggerus bibir sungai,” singkatnya saat ditelepon. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.