Dinkes Ciamis Bimtek Press Release & Editing Video

60
0
BIMTEK. Reporter Radar TV Denden Ahdani melatih tenaga promosi kesehatan (promkes) Ciamis mengenai editing video di Hotel Harmoni Kota Tasikmalaya, Selasa (24/11).
BIMTEK. Reporter Radar TV Denden Ahdani melatih tenaga promosi kesehatan (promkes) Ciamis mengenai editing video di Hotel Harmoni Kota Tasikmalaya, Selasa (24/11).
Loading...

TASIK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis menggelar bimbingan teknik (bimtek) program kesehatan dan pemberdayaan  masyarakat bagi tenaga promosi kesehatan (promkes) puskesmas di Hotel Harmoni Kota Tasikmalaya, Selasa (24/11).

Kegiatan tersebut meliputi pela­tihan editing video dan pembuatan press release tentang media informasi kesehatan yang bekerja sama dengan Radar Tasikmalaya Group baik dari media cetak, online, digital dan TV.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Ii Sumarni SKM MKM menyebutkan, 37 tenaga promkes Puskesmas di Ciamis mengikuti program pelatihan teknik editing video untuk pembuatan konten kesehatan dan teknik penulisan press release untuk konten informasi kesehatan.

“Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan edukasi kesehatan, agar pesan yang disampaikan efektif dan bisa diterima masyarakat luas,” katanya kepada Radar, Selasa (24/11).

Dalam bimtek tersebut, mereka dilatih untuk membuat media informasi kesehatan dalam bentuk video, naskah, teks atau tulisan yang bisa mengintervensi masyarakat untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Loading...

Pemilihan media promosi kesehatan didasarkan pada selera khalayak. Namun untuk mengikuti perubahan sosial di masyarakat pihaknya mencoba menyajikan inovasi atau teknologi baru dalam meningkatkan cakupan dan frekuensi penyebaran informasi kesehatan tersebut.

“Era teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini, memiliki pengaruh yang besar terhadap kebiasaan dan gaya hidup masyarakat. Sehingga kami melakukan pelatihan kepada penyuluh agar mendorong pemanfaatan media sosial sebagai alter­natif promosi kesehatan,” ujarnya.

Salah satu peserta dari Puskesmas Tambaksari Tebi Purwa menyambut positif pelatihan media informasi kesehatan ini, agar pihaknya dapat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat.

Sebagai tenaga promosi kesehatan, ia menyadari bahwa dirinya harus mampu menguasai segala macam bentuk promosi kesehatan.

“Dengan mengikuti pelatihan ini saya bisa membuat media promosi kesehatan dalam bentuk video atau tulisan. Sehingga lebih mudah dan gampang menyebarkan pesan tersebut untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” katanya.

Menurutnya, media promosi kesehatan sangat penting untuk perubahan perilaku masyarakat. Maka ia harus mengetahui alat promosi kesehatan yang sesuai dan mendukung terhadap kegiatan penyuluhan.

“Ini juga mampu menambah wawasan ke depannya dalam penyampaian promosi kesehatan. Dengan literasi media, promosi kesehatan ini bisa lebih menarik sehingga membentuk kebiasaan kedisiplinan hidup bersih dan sehat di kalangan masyarakat,” ujarnya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.