Dinkes Garut Klaim Angka Stunting Menurun

49
0
Loading...

TAROGONG KIDUL – Dinas Kesehatan Kabupaten Garut mengklaim angka stunting di Garut mengalami penurunan cukup signifikan selama tiga tahun terakhir.

Penurunan angka stunting diklaim terjadi setelah Dinas Kesehatan Kabupaten Garut membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Stunting yang bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Setelah dibentuk Satgas Pencegahan Stunting ini, kita terus melakukan upaya pencegahan dan hasilnya angka stunting selama tiga tahun ini mengalami penurun,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Garut dr Tri Cahyo Nugroho, Kamis (19/11).

Tri mengatakan awal mulanya dibentuk Satgas Pencegahan Stunting setelah pihaknya melakukan survei riset kesehatan dasar (Riskesdas) pada tahun 2017. Dari hasil survei tersebut, pihaknya memperloleh angkanya cukup mencengangkan yaitu mencapai 43,2 persen.

Baca juga : 3 Gedung di RSUD Garut Jadi Tempat Isolasi

“Bagi kami angka itu sangat mencengangkan, karena sangat tinggi. Jadi kami melakukan upaya-upaya nyata berbagai lintas sektor lintas program untuk secara cepat menurunkan privalensi stunting di Kabupaten Garut,” ujarnya.

Dengan berbagai upaya, kata dia, penurunan angka stunting di Garut mulai terlihat. Seperti tahun 2018 hasil survei kita sudah turun di angka 34,2 persen, dan di 2019 sudah ada di angka 27,03 persen.

Loading...

“Secara angka hasilnya cukup signifikan sekali, tetapi belum mencapai target pemerintah, yang mencanangkan 14 persen angka stunting,” ujarnya.

Tri mengatakan meskipun angkanya masih belum mencapai target 14 persen, namun progres penurunan sudah bagus.

“Memang masih tinggi angkanya itu ya dibandingkan dengan target pemerintah pusat, target pak bupati bahwa kita zero stunting. Zero stunting itu ada di angka 14 persen, artinya masih tinggi tapi progress penurunannya sudah sangat baik sekali berkat kerja sama yang baik antar lintas SKPD bersama dengan kecamatan, desa, PKK dan para kader yang ada di masyarakat,” pungkasnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.