Dinkes & Radar Tasikmalaya Keliling Lembur Madani Tanggap Covid-19

68
0
FOTO-FOTO: ISTIMEWA TANGGAP COVID. Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya bersama Radar Tasikmalaya dan Diskominfo Kota Tasikmalaya berkeliling Lembur Madani untuk pendampingan pembentukan Lembur Tanggap Darurat Covid-19 kemarin.
Loading...

TASIK – Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya bersama Radar Tasikmalaya dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya berkeliling ke Lembur Madani untuk melakukan pendampingan dalam rangka pembentukan Lembur Tanggap Darurat Covid-19.

Pendampingan pertama di hari Selasa (27/10) diawali dengan Lembur Madani Nagarawangi Kelurahan Nagarawangi Kecamatan Cihideung, Lembur Madani Empangsari Kecamatan Tawang dan Lembur Madani Bojong Kaum Kecamatan Cipedes.

Tim pendampingan, yang dipimpin oleh Kepala Seksi Promosi dan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Cucu Suryani, memberikan arahan-arahan kepada para pengurus lembur yang terdiri dari berbagai stakeholder, untuk dapat melakukan pencegahan penularan Covid-19, melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) di masyarakat.

“Harapan kami lembur-lembur ini tidak hanya tangguh dan tanggap dalam penanganan Covid-19 saja, namun juga tanggap terhadap berbagai penyakit menular lainnya, melalui kegiatan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Red), juga pencegahan melalui 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak),” ungkapnya di saat melakukan sosialisasi dan pendampingan.

Tidak hanya itu, Cucu juga memberikan arahan kepada para pengurus lembur agar mampu menyusun kelembagaan Satgas Penanganan Covid-19 hingga tingkat RT. Dengan harapan masyarakat menjadi tahu dan paham apabila ada warga yang terpapar Covid-19, maka sudah memiliki sistem penanganan dan informasi yang tepat.

loading...

Selain itu, para pengurus lembur pun bisa melakukan pendataan jumlah lansia atau risiko tinggi yang dapat tertular Covid-19, warga yang sudah bepergian juga warga yang berkunjung ke masing-masing lembur.

Baca juga : Hujan Deras Iringi Pergantian Kapolresta Tasik

“Klaster keluarga sekarang sudah banyak, sehingga pencegahan penularan Covid-19 ini harus terus kita tingkatkan,” tegasnya.
Lurah Nagarawangi Wawan Ruswandi SIP mendukung adanya sosialisasi dan pendampingan untuk Lembur Madani di wilayahnya.

Menurut Wawan, ini merupakan salah satu cara untuk menggerakkan masyarakat dalam melawan penularan Covid-19.
Ketua Lembur Madani Bojong Kaum H Budi Rahman menuturkan, sejak adanya Covid-19, pihaknya sudah member- lakukan sistem wajib lapor bagi warga yang datang dari luar kota. Beberapa spanduk imbauan pun terpasang di beberapa titik di wilayahnya.

“Dengan adanya pendampingan ini, sebagai arahan kepada kami, sehingga kami bersama warga menjadi tahu apa saja yang harus dilakukan untuk menuju Lembur Madani Tanggap Covid-19,” ungkapnya pada saat pendampingan.

Pendampingan yang dilakukan, kemarin tidak hanya memberikan arahan. Namun juga diskusi terkait kendala dan solusi apa yang bisa dilakukan para pengurus Lembur Madani dalam menghadapi pandemi Covid-19. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.