Dinsos Kabupaten Tasik Serahkan Roda untuk Disabilitas

53
0
Kepala Dinas Sosial PMDP3A (kiri) menyerahkan bantuan kursi roda kepada penyandang disabilitas.

SINGAPARNA – Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMDP3A) Kabupaten Tasikmalaya memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan khususnya penyandang disabilitas.

”Setiap tahunnya kami selalu memberikan bantuan berupa puluhan kursi roda dan alat bantu lainnya kepada kaum disabilitas,” ujar Drs Roni Ahmad Sahroni MM Kepala Dinsos PMDP3A.

Roni mengungkapkan, Bantuan ini merupakan wujud Perhatian dan Kepedulian Pemerintah Kabupaten Tasilmalaya melalui program yang dimiliki oleh Dinsos PMDP3A untuk membantu warga disabilitas yang membutuhkan bantuan alat bantu berupa kursi roda dan alat bantu lainnya.

Dengan adanya bantuan berupa alat bantu kursi roda dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya ini diharapkan untuk penerima bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Baca juga : Mama Kudang, Ulama Asal Tasik Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Sehingga mereka bisa mandiri dan tidak tergantung kepada keluarga maupun orang lain sehingga bisa bersosialisasi dengan baik dengan masyarakat.

Pemberian bantuan kursi ini bertujuan untuk menyediakan pelayanan kesejahteraan sosial yang terbaik bagi penyandang disabilitas, selain itu juga sebagai upaya rehabilitasi sosial kepada para penyandang disabilitas. Sehingga mereka dapat berkehidupan di masyarakat.

”Setelah para penyandang disabilitas itu bisa beraktivitas seperti orang normal, diharapkan bisa mandiri baik secara sosial maupun ekonomi. Dan mereka bisa melakukan kegiatan seperti orang normal, bisa menghasilkan dan bisa mandiri secara ekonomi maupun sosial,” ucapnya.

Menururnya, jikalau situasi memungkinkan dalam menyerahkan bantuan selalu berkeinginan menyerahkan langsung ke rumah penerima bantuan. Hal ini ia lakukan karena ingin melihat langsung kondisi penerima dan lingkungan tempat tinggalnya.

Tujuannya menyerahkan langsung bantuan pada penerima, untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan mereka. Kroscek data penerima sangat diperlukan, agar bantuan yang diberikan tidak salah.

”Inilah pentingnya kita turun langsung, kita jadi tahu bagaimana kondisi penerima, bantuan apa yang mereka butuhkan. Sesuai apa tidak dengan bantuan yang kita berikan. Kroscek data itu sangat penting, saya tidak ingin bantuan yang kita berikan tidak tepat sasaran atau tidak bisa dimanfatkan secara maksimal,” kata dia. (Obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.