Dinsos Kota Banjar Klaim Kemiskinan Turun

249
0
RAMAH. Kepala Dinsos P3A Kota Banjar Asep tatang Iskandar menyebut angka kemiskinan menurun.
RAMAH. Kepala Dinsos P3A Kota Banjar Asep tatang Iskandar menyebut angka kemiskinan menurun.

BANJAR – Kepala Dinas Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kota Banjar Asep Tatang Iskandar mengatakan jumlah kemiskinan di Kota Banjar turun. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019, persentase penduduk miskin sebesar 5,5 persen.

“Data dari BPS, jumlah kemiskinan di Kota Banjar mengalami penurunan dari 5,7 persen (tahun 2018) menjadi 5,5 persen,” kata Asep Selasa (11/2).

Kata dia, salah satu peran penting dalam menekan jumlah persentase kemiskinan adalah program pemberdayaan masyarakat miskin.

Baca Juga : Pemborosan Anggaran, Wali Kota Banjar Minta OPD Batasi Studi Banding

Programnya, terang dia, seperti bantuan Kelompok Usaha Bersama (Kube).

“Selain Kube, Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) juga memiliki peran baik dari sektor sosial dalam menekan angka kemiskinan di Kota Banjar,” ungkapnya.

Sejalan dengan menurunnya angka kemiskinan di Kota Banjar, Dinas Sosial akan meningkatkan layanan secara terpadu dan satu pintu. Layaanan sistem yang digadang-gadang akan mulai digelorakan tahun ini adalah sistem layanan dan rujukan terpadu.

Baca Juga : Bupati Ciamis & Wali Kota Banjar Resmikan Jembatan Citanduy

Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih bangga dengan hasil persentase jumlah angka kemiskinan yang mengalami penurunan 0,2 persen. Menurut dia, upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara bertahap efektif.

“Kita harus bangga, dengan nilai penurunan ini,” kata wali kota. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.