Dinsos Kota Banjar tak Mampu Cek Kualitas Beras, Jika tak Layak Konsumsi Bisa Ditukar

128
0

BANJAR – Tahap kedua penyaluran jaring pengaman sosial (JPS) berupa beras 20 kilogram dan uang tunai Rp 150.000 akan segera dilaksanakan. Namun, yang dipersoalkan penerima adalah kualitas berasnya dianggap tidak layak konsumsi.

Dalam memastikan kualitas baik, Dinas Sosial Kota Banjar langsung mengecek kondisi kualitas beras ke Gudang Bulog di Kecamatan Banjar.

“Semua sample beras telah diperiksa dan hasilnya layak dikonsumsi. Jika ada yang tidak layak wajar, karena tak semua diperiksa, kan banyak. Solusinya jika masih ada penerima yang mendapatkan beras jelek langsung tukar saja melalui pemerintah desa,” ujar Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kota Banjar Asep Tatang Iskandar kepada Radar, Minggu (17/5).

Baca Juga : 1 Karyawan Supermarket di Letjen Soewarto Kota Banjar & 1 Pedagang Reaktif Corona

Sejauh ini, kata dia, sample beras yang diuji untuk penyaluran ke setiap desa dan kelurahan di Kota Banjar layak konsumsi, warnanya tidak kusam dan tidak bau apek. Petugas yang mengecek beras bantuan untuk tahap kedua lebih selektif.

“Kepada masyarakat penerima bantuan beras ini, jika nanti menerima beras yang tidak layak konsumsi jangan dulu dimasak, cek dulu, tatkala jelek langsung lapor ke desa untuk diganti dengan yang baru,” ujarnya, menegaskan.

Sebelumnya warga penerima bantuan JPS di beberapa desa dan kelurahan mengeluhkan beras yang mereka terima kusam dan bau apek. Namun, karena tidak tahu bisa ditukar, akhrinya bantuan beras tersebut terpaksa dimasak dan dikonsumsi.

Kepala Perum Bulog Kabupaten Ciamis Busjal mengatakan, beras yang kualitasnya tidak baik kemungkinan merupakan stok lama.

“Kami sudah menyalurkan sebanyak 170 ton. Kemungkinan itu merupakan stok lama. Tapi jangan khawatir, jika tidak layak konsumsi, maka bisa ditukar ke Dinas Sosial melalui pemerintah desa atau kelurahan,” kata Marjoni. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.