Dinsos Masih Verifikasi Jumlah Warga Miskin

51
0

BANJAR – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kota Banjar masih mendata jumlah warga miskin di Kota Banjar.

Berdasarkan data tahun 2017-2018, jumlah warga miskin (prasejahtera) mencapai 14.230 kepala keluarga (KK). Jika dihitung jumlah jiwa, mencapai 45.847 jiwa.

“Saat ini masih verifikasi dan validasi data karena belum semua desa dan kelurahan menyerahkan laporan pembaruan basis data terpadu (BDT). Untuk laporan ke Kementerian Sosial itu harus sudah selesai semua data dari desa dan kelurahan se-Kota Banjar,” kata Kepala Dinas Sosial P3A Kota Banjar Drs Asep Tatang Iskandar Rabu (3/7).

Ia menjelaskan dari jumlah BDT, sebanyak 6.225 kepala keluarga mendapat bantuan beras sejahtera (rastra) dari APBD Kota Banjar. Sisanya mendapat bantuan pangan non tunai (BPNT) dari anggaran Kementerian Sosial sebesar Rp 110 ribu per bulan/kepala keluarga.

Tahun Ini Akan Rehab 540 Rumah

Sementara itu, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPRPKP Kota Banjar Acep Daryanto menyebut tahun ini akan menyalurkan bantuan program rumah tidak layak huni (rutilahu) bagi 540 kepala keluarga. Realisasi rehab bangunan akan mulai dilaksanakan sekitar Agustus.

“440 bantuannya dianggarkan dari provinsi, sementara sisanya 100 rumah dianggarkan dari APBD Kota Banjar. Satu unit rumah diberikan bantuan bahan material bangunan sebagainya, jika diuangkan setara berjumlah Rp 17,5 juta,” kata Acep.

Ia menjelaskan dari pembaruan data ada 4.600 lebih rumah yang diusulkan untuk mendapat bantuan bedah rumah dalam program rutilahu tahun ke depan.

Namun karena anggaran terbatas, pihaknya hanya mendapat target sebanyak 2.500 rumah per lima tahun. “Jadi dalam satu tahun target kita 500, untuk tahun ini malah lebih 40 rumah,” katanya.

Kriteria masyarakat yang bisa masuk program rutilahu, katanya, harus memiliki rumah sendiri. “Data terbanyak ada di Langensari dan Pataruman,” katanya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.