Beranda Banjar Dinsos Usulkan Perda Penyelenggaraan Sosial

Dinsos Usulkan Perda Penyelenggaraan Sosial

71
0
BERBAGI

BANJAR – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kota Banjar tengah merancang Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Sosial. Rancangan ini kemudian akan diusulkan ke DPRD Kota Banjar.

“Kami akan mengusulkan Perda tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, karena sampai saat ini Pemkot Banjar belum memilki Perda atau payung hukum untuk penyelenggaraan sosial ini,” kata Kepala Dinas Sosial P3A Kota Banjar Drs Asep Tatang Iskandar Minggu (11/3).

Dalam Perda tersebut akan diatur secara global pelayanan sosial. Tidak hanya pada masyarakat kurang mampu saja, Perda ini juga akan memberikan rasa keadilan bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), seperti gelandangan dan pengemis. “Dalam Perda ini lebih mengatur bagaimana kami membuat program untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan secara global, bukan hanya warga tidak mampu saja,” katanya.

Adapun program pelayanan kepada masyarakat PMKS, yaitu pembinaan sosial dalam pemberdayaan sosial, memberikan pelatihan, hingga memberikan modal usaha untuk mereka. Sehingga potensi mereka tergali ketika mampu untuk memulai bisnis namun terkendala modal usaha. “Perda ini diharapkan dapat menekan angka kemiskinan, karena perda ini akan mengatur bagaimana upaya kita untuk memberdayakan PMKS tadi,” katanya.

Berdasarkan data, warga miskin di Kota Banjar menunjukkan pada tahun 2017 berjumlah 13.420 jiwa dari total penduduk sebanyak 201.000 jiwa. Sementara Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 5.878. “Untuk presentasi jumlah kemiskinan di Kota Banjar masih di bawah rata-rata pusat. Banjar sekitar 7 persen. Kalau pusat itu 10 persen kalau tidak salah ya. Banjar masih di bawahnya,” terang Asep. (mg4)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.