Dipanggil Bupati, Akhirnya RS Swasta di Garut Siap Layani Pasien Corona

165
0
H Rudy Gunawan Bupati Garut

TAROGONG KIDUL – Bupati Garut Rudy Gunawan mengaku sudah mengumpulkan seluruh kepala rumah sakit (RS) swasta yang ada di Kabupaten Garut.

Dirinya memanggil pihak rumah sakit swasta ini untuk meminta komitmen dalam penanganan pasien positif Covid-19.

Baca juga : Bupati Minta Warga Garut Waspadai Corona di Klaster Keluarga

“Selama ini pihak rumah sakit swasta banyak menolak pasien Covid-19, jadi kita panggil dan meminta komitmennya,” ujar Rudy kepada wartawan, Rabu (21/10).

Dari hasil pertemuan itu, kata dia, pihak rumah sakit swasta sudah berkomitmen untuk menyediakan tempat perawatan dan isolasi pasien positif Covid-19.

“Ini komitmennya baru lisan, ini harus ditindaklanjuti dengan komitmen secara tertulis. Karena ini harus ada ketegasan,” katanya.

Menurut Rudy, komitmen secara tertulis ini diperlukan, sebagai antisipasi jika ada pihak rumah sakit swasta ini yang melanggar komitmennya. “Kalau ada surat pernyataan, ketika tidak melaksanakan bisa kita tindak,” ujarnya.

Rudy menyebutkan, dalam penanganan pasien Covid-19 ini, pihak rumah sakit swasta yang ada di Kabupaten Garut ini perlu menyediakan 300 tempat tidur.

Untuk saat ini, lanjut dia, rumah sakit swasta yang sudah menyediakan tempat perawatan untuk pasien positif Covid-19 ini baru di beberapa rumah sakit, seperti RS Medina dan Annisa Queen. “Untuk di RS Medina sudah menyediakan 225 bed.

Jadi kita butuh 75 bed lagi, jadi kita minta komitmen yang lainnya,” ujarnya. Rudy menambahkan, penyediaan tempat perawatan di rumah sakit swasta ini hanya untuk antisipasi saja jika pasien Covid-19 membludak.

Baca juga : 10 Ton Telur Ayam untuk Korban Banjir Garut Selatan

Sementara saat ini perawatan pasien Covid-19 masih bisa ditangani di tiga lokasi yakni di RSU dr Slamet Garut, RS Medina dan RS Annisa Queen.

“Mudah-mudahan pasien Covid-19 ini tidak terus bertambah. Makanya kami mengimbau agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.