Dipantau KPK, Penyedia Barang dan Jasa Harus Berkualitas!

62

BALE KOTA – Sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya dilaksanakan di Aula Bale Kota, Kota Tasikmalaya, Selasa (09/04).

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan mengatakan, semua proses pengadaan barang dan jasa tidak terlepas dari peran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Karena OPD itu ada komitmennya, pengguna anggarannya, kuasa pengguna anggarannya, dan ini tahapan yang saling terkait,” katanya.

Peraturan presiden (Perpres) tahun 2018, kata Ivan, sudah terbit dan menjadi acuan. “Setiap tahapan dimulai dari proses perencanaan sampai dengan proses pengadaan. Bukan hanya sekedar lelang, tapi bagaimana lelang itu direncanakan dengan baik,” ungkap Ivan.

Sistem pengadaan barang dan jasa, lanjut Ivan, sudah terkoneksi dengan LKPP yang dimonitor oleh petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pihak KPK memberikan penilaian mana daerah yang memberikan komitmen yang baik, kinerja yang baik, dan mana yang tidak.

“Mulai dari RUP-nya sudah tayang awal tahun apa belum? Jadi daerah yang masih belum, nilai atau skornya rendah,” tandasnya.

Hal itu, kata Ivan, akan jadi evaluasi kedepan. “Ini komitmen daerah bagaimana terhadap itu. Kemudian standar harga, analisa standar belanja, dan aspek. Termasuk bagiannya sudah independen apa belum? Pejabat pengadaannya sudah independen apa belum? Jadi tidak boleh lagi merangkap dari Dinas. Ini sudah kita lakukan kemarin dalam rangka apakah Kota Tasikmalaya ini betul-betul pelaksanaan pengadaan barang dan jasa nya sudah berada dalam koridor yang benar dan sesuai dengan aturan?,” ungkapnya.

Ivan berharap pada proses pengadaan barang dan jasa kedepannya semakin baik. “Kita bisa mendapatkan penyedia barang dan jasa berkualitas, yang terbaik dari hasil suatu seleksi, dan tidak timbulkan permasalahan dikemudian hari,” tandasnya. (anshari)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.