Pemindahan Tugu Adipura ke Simpang Padayungan

Dipugar, Lalu Dibangun Baru

9

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIHIDEUNG – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perwaskim) Kota Tasikmalaya siap melaksanakan proyek pemindahan Tugu Adipura dari kawasan Masjid Agung-Taman Kota (Tamkot) ke Simpang Padayungan. Namun, proyek ini bisa ditangguhkan bila belum disepakati.

“Kami tinggal menunggu waktu di alokasi anggaran perubahan nanti. Perintah untuk dilaksanakan siap, kalau perintahnya ditangguhkan ya tidak dikerjakan dulu,” ujar Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Dinas Perwaskim Kota Tasikmalaya Dedi Hermawan kepada Radar, Rabu (12/9).

Sejauh ini, kata dia, sesuai arahan dan rencana awal lokasi pemindahan tetap di pulau Jalan Simpang Padayungan. Metodenya tugu lama dipugar kemudian dibangun baru di lokasi tersebut. Bentuk, konten dan nilai historis tetap dipertahankan. “Di Padayungan dibangun baru dengan tidak mengubah bentuk dan isi nilai historisnya,” jelas dia.

Di sekitar Tugu Adipura baru itu akan dihiasi ornamen untuk mempercantik kawasan. Sehingga ketika dipindahkan ke Simpang Padayungan terlihat lebih estetis. “Paling kita menambahkan ornamen dan tambahan lain di bawah tugu supaya lebih indah dan bagus,” terang Dedi.

Sementara, pengguna jalan Maman Nurjaman (44) menganggap sah-sah saja apabila Tugu Adipura dipindahkan dengan tujuan penataan kota dan dibangun kembali supaya lebih tertib. “Ya kalau kebutuhan estetika kenapa tidak. Memang kawasan ini kerap macet kalau ada acara, tidak salah dipindahkan tapi jangan sampai menghilangkan nilai sejarah saja,” ungkapnya saat ditemui di HZ Mustofa.

Pengendara lainnya, Iis Isma­yanti (30) berharap sim­bol capaian prestasi Kota Administratif (Kotif) Tasik­malaya tersebut bisa ditem­patkan di lokasi lebih baik. Bila di Simpang Padayungan di­harapkan bisa menambah da­ya tarik kawasan tersebut dan bisa menjadi perhatian pengen­dara.

“Kita harap lebih baik lagi kelihatannya. Jangan sam­pai seperti Asmaul Husna, itu teralihkan perhatian kita ka­rena ada megatron atau spanduk dan hal lain sebagainya. Sehingga kelihatan jadi biasa saja,” harapnya. (igi)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.