Disdik Kabupaten Tasik Sambut Baik Rencana Belajar Tatap Muka

176
0
radartasikmalaya.com
Plt Kepala Bidang PAUD Dikmas pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Kabupaten Tasikmalaya, Sera Sani Verana MPd.
Loading...

MANGUNREJA – Plt Kepala Bidang PAUD Dikmas pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Kabupaten Tasikmalaya, Sera Sani Verana MPd menyambut baik kebijakan baru terkait sekolah akan digelar tatap muka pada tahun 2021 mendatang.

“Semua sepakat bahwa keselamatan dan kesehatan siswa, guru, staf karyawan yang ada di lingkungan sekolah itu harus menjadi prioritas. Sehingga ketika nanti sekolah dibuka kembali, tentunya harus memperhatikan dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya kepada Radar, Senin (30/11).

Sera mengatakan, sebelumnya Pemerintah mengumumkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021, di Masa Pandemi Covid-19.

Dalam SKB tersebut, pemerintah memberikan kewenangan penuh kepada pemerintah daerah/kanwil/kantor Kemenag untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah di bawah kewenangan masing-masing.

Pemberian kewenangan penuh tersebut berlaku mulai semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021 di Januari 2021.

Loading...

Sera mengaku, sangat menyambut baik kebijakan pemerintah pusat dalam hal pemberian kewenangan penuh kepada pemda dalam menentukan izin pembelajaran tatap muka di sekolah.

Kebijakan membuka kembali sekolah yang sudah hampir sembilan bulan mereka di rumah, ini akan menjadi angin segar bagi murid dan orang tua siswa.

Ada kesepakatan juga dari seluruh elemen masyarakat tokoh agama, tokoh masyaratak, terutama orang tua dalam hal pemberlakuan tatap muka.

“Sehubungan dengan itu pemerintah juga alangkah baiknya membantu menyiapkan semua sarana prasarana kesehatan seperti tabung keran air untuk mencuci tangan, masker untuk guru dan murid. Selain itu, sebelum memasuki┬ásekolah, semua guru dan murid diharuskan rapid tes terlebih dahulu utk memastikan semua sehat,” kata dia.

Sera menyebutkan, tidak sedikit yang meminta agar keselamatan guru dan tenaga kependidikan serta para siswa juga menjadi perhatian semua pihak.

Pasalnya keputusan tersebut tidak serta merta langsung bisa dilakukan oleh pihak sekolah maupun guru.

Menurut dia, semua hal terkait perencanaan ini harus diserahkan terlebih dahulu ke pemerintah daerah (Pemda).

“Ketika daerah pada akhirnya memberikan izin, maka itu artinya menjadi sesuatu yang menggembirakan bagi kami agar pelaksanaan pembelajaran di sekolah itu bisa normal kembali,” ujarnya.

(radika robi/ radartasikmalaya.com)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.