Disdik Kota Tasik Tunggu Instruksi Pusat

255
0
DIBATALKAN. Siswa SMPN 1 Kota Tasikmalaya mengikuti simulasi UNBK 2 Maret 2020. Saat ini pemerintah resmi membatalkan UN 2020 untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Pemerintah resmi membatalkan Ujian Nasional (UN) 2020 akibat masih merebaknya wabah corona di Indonesia. Pembatalan ini berlaku untuk UN SD, maupun UN Berbasis Komputer (UNBK) di tingkat SMP dan SMA.

Pembatalan UN tertuang dalam Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang dikeluarkan pada Selasa (24/3).

Baca juga : Wali Kota Tasik Instruksikan TNI-Polri Bubarkan Paksa Kerumunan Massa

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya H Budiaman Sanusi SSos mengaku akan mengikuti kebijakan dari pusat. “Ya kemungkinan besar, kita ikuti instruksi (pembatalan UNBK, Red) Pak Mendikbud Nadiem Anwar Makarim,” katanya saat dihubungi Radar, Rabu (25/3).

Pihaknya pun akan melakukan rapat koordinasi di Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya pada Kamis (26/3) pagi. Rapat tersebut membahas mengenai poin-poin dari surat edaran tersebut.

Isi surat edaran tersebut yakni ujian sekolah untuk kelulusan dalam bentuk tes yang mengumpulkan siswa tidak boleh dilakukan, kecuali yang telah dilaksanakan sebelum terbitnya surat edaran.

Selanjutnya, ujian sekolah dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan bentuk asesmen jarak jauhnya lainnya.

“Besok mau dirapatkan terlebih dahulu, karena kita belum mendapat perintah dari pemerintah provinsi mengenai pembatalan UNBK ini,” ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya Dr H Hilmy Riva’i MPd menambahkan, UNBK dan UAMBN jenjang MTs dan MA tahun pelajaran 2019/2020 dihapuskan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Hal tersebut sesuai surat edaran dari Kemendikbud dan Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar, Rabu (25/3).

Artinya, lanjut H Hilmy, kelulusan siswa MTs dan MA ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Nilai semester genap kelas 9 dan kelas 12, bila ada, dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan. Maka rumus perhitungan nilai kelulusan siswa pada semua tingkatan pendidikan dapat ditentukan oleh madrasah.

“Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, tidak lagi menggunakan nilai UN sebagaimana tahun sebelumnya, namun menggunakan hasil ujian sekolah,” katanya.

Penetapan waktu kelulusan siswa madrasah dapat ditentukan oleh madrasah dengan menyesuaikan ketetapan waktu di lingkungan pendidikan di dearah masing-masing.

“Ketentuan yang sama juga berlaku untuk pelaksanaan ujian akhir semester atau kenaikan kelas,” ujarnya.

Selain itu, kebijakan yang sama berlaku bagi pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) MA dan MTs. Menurut Hilmy, UAMBN 2020 dibatalkan bagi madrasah yang belum melaksanakannya.

Adapun madrasah yang telah melaksanakan ujian, maka pesertanya akan mendapatkan Sertifikat Hasil UAMBN yang dapat dicetak langsung oleh madrasah melalui aplikasi UAMBN-BK.

“Nilai UAMBN yang sudah dihasilkan hanya diperlukan untuk pemetaan kompetensi siswa madrasah dan tidak digunakan sebagai prasyarat kelulusan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya,” jelasnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dr Abur Mustikawanto MEd mengatakan, selain UN, uji kompetensi keahlian 2020 bagi SMK juga dibatalkan.

Baca juga : 1 Wanita Warga Kota Tasik Positif, 71 Orang yang Pernah Kontak Di-tracking

Maka, penentuan kelulusan jenjang SMK sederajat berdasarkan nilai rapor, praktik kerja lapangan, portofolio dan nilai praktik selama lima semester terakhir. Nilai semester genap tahun terakhir dapat digu­nakan sebagai tam­bahan nilai ke­lulusan.

Ada­pun kelu­lusan SMA diten­tukan berda­sarkan nilai lima se­me­s­ter terakhir se­mester gasal, nilai se­mester genap kelas 12 sebagai nilai tambah ke­lulusan siswa. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.