Disdik Perbaiki Salah Input Garis Koordinat

461
0
KESALAHAN TEKNIS. Admin PPDB online Disdik Kota Tasik Egan Iqna Hidayat saat mengubah kesalahan titik koordinat Selasa (2/7). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 tingkat SMP di Kota Tasikmalaya sudah dibuka Senin-Sabtu (1-6/7). Pada hari kedua pelaksanaan PPDB (2/7) ditemukan kesalahan pengisian dokumen yang tidak valid.

Admin PPDB Online 2019 Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Egan Iqna Hidayat mengatakan, permasalahan tersebut muncul ketika profil data calon peserta didik yang dimasukkan ke website tidak valid dan penentuan garis koordinatnya tidak tepat sehingga tidak terdeteksi oleh sistem.

“Masih ada yang mengisi salah data yang kurang valid. Jadi Operator SD segera melaksanakan migrasi database (mengubah format data, Red) yang sudah berada di website agar garis koordinat bisa sesuai dengan jarak dari rumah ke sekolah,” ujar dia.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Dr H Dadang Yudhistira SH MPd mengatakan PPDB online sistem zonasi ini dibuka selama 24 jam. Pihaknya menyiapkan posko pengaduan bila dalam pelaksanaan PPBD ada kesalahan teknis seperti tidak tepatnya titik koordinat.

“Terdapat grup operator SD dan SMP yang dikelola oleh admin PPDB online. Maka, permasalahan garis koordinat atau kesalahan teknis lainnya bisa segera ditangani,” jelasnya.

Siswa SDN 5 Gunung Pereng Selviana Nur Insan Putri Mutaqin mengaku datang ke Disdik untuk memperbaiki kesalahan titik koordinat. Ia menyebutkan, jarak dari rumah ke sekolah tujuan yakni SMPN 6 tidak lebih dari 1 kilometer, namun pada saat mendaftar ke website PPDB online jaraknya mencapai lebih dari 2 kilometer.

“Awalnya terinput jarak dari rumah ke SMPN 6 mencapai 2,5 kilometer dengan nilai zonasi 83. Setelah diperbaiki, hanya berjarak 114 meter sehingga mendapat nilai 100,” kata dia.

Terpisah, terjadi gangguan jaringan pendaftaran PPDB online di SMPN 14 Tasikmalaya pada hari pertama PPDB (1/7). “Gangguan jaringan internet terjadi pada jam 08.00 hingga 09.00 sehingga kami belum bisa masuk ke website. Setelah diatasi, pelaksanaan PPDB lancar,” ujar Kepala SMPN 14 Tasikmalaya H Nanang SPd. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.