Disdik Tasikmalaya Rencanakan Pemetaan Guru

206
0
ilustrasi

TASIK – Penerapan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menyisakan persoalan. Beberapa sekolah di wilayah pinggiran masih mengalami kekurangan siswa salah satunya SMPN 18 Tasikmalaya. Akibat kekurangan siswa, sejumlah guru tak dapat memenuhi jam mengajar.

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (PGTK) Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Asep Sudrajat Hardipraja SPd MAk mengatakan, jam tatap muka kerja guru sudah diatur pada Permendikbud No. 15 Tahun 2018 tentang pemenuhan beban kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa beban tatap muka guru dalam mengajar yakni minimal 24 jam seminggu. Hal itu untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi.

Namun, sejumlah guru di SMP negeri dan swasta di Kota Tasikmalaya tidak bisa memenuhi beban mengajar 24 jam tatap muka. Permasalahan ini sudah ada sejak tahun 2018.

“Dari jumlah 1.031 pendidik dan tenaga pendidikan, ­terdapat 34 guru pegawai negeri sipil (PNS) dan non PNS yang tidak dapat ­memenuhi beban mengajar, sehingga tidak mendapat tunjangan profesi,” katanya.

Tahun ini Disdik akan mengatur jadwal pemenuhan beban kerja guru agar bisa memenuhi amanat Permendikbud No 15 Tahun 2018. “Kita akan kaji terlebih dahulu. Nantinya kita akan identifikasi mata pelajaran apa yang berdampak dari guru yang kekurangan jam tatap muka. Nantinya akan ada pemetaan guru,” katanya.

Wakil Kepala SMPN 18 Tasikmalaya Bidang Kesiswaan Detdet Yogaswara SPd mengatakan, di tahun ajaran 2019/2020 ini sekolahnya hanya bisa memenuhi enam rombongan belajar (rombel) atau 189 siswa.

“Kuota yang tersedia 10 rombel, tapi yang terisi hanya 6 rombel saja. Hal ini berdampak pada berkurangnya jatah guru dalam mengajar,” katanya. Karena kondisi itu pulalah, empat guru ti­dak dapat men­­cukupi jam ta­tap muka. “Guru tersebut mau tidak mau ha­rus mencari jam mengajar di ­luar sekolah (SMPN 18 Ta­sik­­­­malaya, Red),” be­bernya. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.