Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya Kejar Target Pencetakan KTP-el

22
H Najmudin SIP MSi

TASIK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya terus mencetak KTP-el, kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran.

“Untuk semua pencetakan dokumen kependudukan terus digenjot sehingga target terpenuhi,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) H Najmudin SIP MSi kepada Radar di ruangannya, Rabu (13/2).

Saat ini, kata dia, untuk pencetakan KTP-el sudah mencapai 98 persen dari total warga yang wajib memiliki kartu tanda penduduk. Sedangkan pencetakan kartu keluarga baru 87 persen, jumlah tersebut terus digenjot hingga maksimal.

“Setiap hari kita layani berapa pun pemohonnya. Agar pencapaian percepatan pembuatan KK bisa selesai sampai 100 persen,” terangnya.

Kata dia, untuk akta kelahiran sampai saat ini baru 85 persen, jumlah itu sudah melebihi target yang ditentukan pemerintah pusat.

“Percepatan penerbitan dokumen kependudukan ini bisa berdampak terhadap persiapan jelang Pemilu 2019,” katanya.

Selain percepatan, kata dia, pihaknya juga menyiapkan surat keterangan (suket) sebagai syarat dalam menyalurkan hak pilihnya pada hajat demokrasi lima tahunan ini. Suket dikeluarkan apabila pemilih belum memiliki KTP-el.

Tempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya Dra Hj Wini SIP MSi menambahkan untuk mempercepat pencetakan KTP-el.

“Pihaknya akan memberikan pelayanan 2.000 orang per hari, sehingga pencetakannya bisa lebih cepat,” jelasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pencatatan Sipil (Capil) Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya Ano Gani Poniman menjelaskan untuk pembuatan akta kelahiran sudah melebihi target yang ditetapkan pemerintah pusat.

“Sampai Desember 2018, capaian pencetakan 87 persen lebih. Sedangkan yang ditargetkan 82 persen. Jadi sudah melebihi target. Mudah-mudahan di 2019 bisa sampai 90 persen lebih,” kata Gani. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.