Dishub Akan Setop Operasi Truk, Siapkan Kantong Parkir Saat Libur Natal dan Tahun Baru

96
0
Suherman

TAROGONG KIDUL – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut akan melarang truk angkutan barang bukan pangan beroperasi di jalan selama Natal dan Tahun Baru. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas kendaraan.

“Penghentian operasi truk ini hanya satu hari di hari H, baik Natal maupun Tahun Baru,” ujar Kepala Dishub Garut Suherman kepada wartawan di kantornya Jumat (20/12). Larangan itu, kata dia, sesuai instruksi Kementerian Perhubungan.

Pemerintah kabupaten, kata dia, telah menyiapkan kantong parkir bagi kendaraan truk, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas kendaraan yang diprediksi akan terjadi kepadatan saat libur Natal dan Tahun Baru. “Ada kantong parkir di rest area, tapi itu hanya diberlakukan satu hari saja saat Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Ia mengimbau pemilik truk tidak mengoperasikan dulu kendaraannya selama satu hari saat libur Natal dan Tahun Baru. Ia berharap ada kerja sama semua pihak agar arus lalu lintas kendaraan di wilayah Garut aman dan lancar. “Kita juga siap siaga untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas selama pengamanan Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Selain larangan operasi truk, Dishub Garut juga melarang angkutan umum beroperasi apabila kondisinya tidak layak jalan. Dishub Garut, kata dia, secara intensif memeriksa kondisi kendaraan angkutan umum di Terminal Guntur untuk memastikan setiap kendaraan yang berangkat dalam kondisi layak jalan. “Kita siagakan personel di terminal untuk memeriksa kelayakan kendaraan dan memeriksa surat-surat izin kendaraan,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.