Dishub, Polri dan TNI Periksa Bus

247
0
RAM CHECK. Tim Polres Ciamis, Dinas Pehubungan (Dishub) dan TNI mengecek kelaikan dan kelengkapan bus di Terminal Ciamis, Senin (20/5). IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Polres Ciamis bersama Dinas Perhubungan (Dishub) dan TNI mengecek kelaikan kendaraan umum di Terminal Ciamis, Senin (20/5). Dari lima bus yang diperiksa, satu bus di antaranya diamankan lantaran tidak dilengkapi STNK.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP M Bima Gunawan Jauharie SIK menerangkan, pemeriksaan kendaraan itu sebagai kesiapan menjelang mudik Lebaran. Sasaran yang diperiksa berupa kelengkapan kendaraan umum. Dari lima bus, hanya satu yang tidak memiliki STNK. Dengan demikian, bus tersebut akan diberi sanksi administrasi untuk mengurus izin trayek dan membayar retribusinya. “Jadi kami peringati dulu untuk mengurus-ngurus kelengkapan surat-suratnya, bila bandel bisa ditahan,” kata Bima kepada wartawan.

Pengecekan kendaraan itu akan dilakukan selama seminggu ke depan. Bima menekankan para pengelola kendaraan umum untuk melengkapi segala persyaratan dan mengutamakan keselamatan penumpang. Demikian juga, kendaraan pribadi harus memperhatikan keselamatan. “Upaya kami melakukan ram check tidak lain mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang melibatkan transportasi umum,” ujar dia.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis Endang Sutrisna menerangkan, satu bus yang tidak dilengkapi STNK langsung dikembalikan ke garasinya. “Tentunya ram check ini akan terus dilakukan secara bertahap kepada semua kendaraan,” tutur dia.

Dia mengimbau kepada sopir angkutan umum untuk mengutamakan keselamatan berkendara. Dengan demikian, kelaikan kendaraan harus dipastikan dan jam kerja harus diatur dengan baik. Sopir harus meluangkan waktu istirahat, tidak boleh terus-menerus mengemudi. Awak angkutan juga tidak boleh mengonsumsi obat-obatan dan minuman keras. Awali setiap pemberangkatan dengan doa dan jaga kesehatan. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.