Disidak Bank Dunia, Garden Group Ciamis Siap Sambut BP2BT

170
0

CIAMIS – Bank Dunia dan BTN Tasikmalaya Sidak ke perumahan milik Garden Group, di Jalan Oto Iskandardinata, Kelurahan Linggasari Kecamatan/ Kabupaten Ciamis, Minggu (12/1).

Kegiatan yang dilaksanakan sekitar pukul 14.00 ini bertujuan untuk menyupport properti Indonesia, dalam program Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).

Spesialis Lingkungan Bank Dunia, Virza Sasmitawidjaja mengatakan, kedatanganya ke Garden Group guna meninjaklanjuti program pemerintah Indonesia yang bekerjasama dengan Bank Dunia.

Yakni, untuk membantu penyediaan perumahan bagi masyarakat penghasilan rendah.

Jadi, kata dia, Bank Dunia membantu pendanaannya, kemudian Kementrian PU dan Perumahan Rakyat sebagai pelaksanaanya dan pengucuran dananya melalui Kementrian Keuangan.

Mengenai kedatanganya ke Garden Group, lanjut dia, untuk melihat apakah dana dari program BP2BT yang sudah dikucurkan ini dilaksanakan dan diterapkan sesuai ketentuan yang diterapkan.

“Secara detil dilihat dari aspek teknis, lingkungan, sosial dan kemudian siapa penerimanya jangan sampai salah sasaran,” ungkapnya.

“Jangan sampai yang sudah punya rumah kemudian meminta surat dari kelurahan tanda orang tidak mampu, lantas dapat rumah lagi. Kan itu tidak sesuai,” terangnya.

Virza menerangkan, dari aspek teknis di Garden Group, pihaknya memastikan bahwa secara teknis semua telah dipenuhi.

“Karena ini kan, dengan perumahan rakyat itu semua standarnya harus sesuai. Besi berapa mili, standar adukanya, plesteran dinding, sirkulasi udaranya apakah sesuai tata ruang atau tidak,” ujarnya.

Selain itu, tambah dia, jangan sampai di atas lahan sawah tidak untuk digunakan perumahan. “Itu bisa mengganggu ketahan pangan. Terus jangan di lokasi yang rawan bencana atau banjir,” tandasnya.

“Kita pastikan semua sesuai dengan apa yang ditetapkan bersama dengan Bank Dunia dan Kementrian PU. Bahkan untuk hasil pantauan umum di Granden Group cukup baik,” sambungnya.

Ditambahkan Deputy Branch Manager Kantor Cabang BTN Tasikmalaya, Apidin menuturkan, bahwa kedatanganya ke Garden Group, pertama mendampingi Bank Dunia.

Kedua, buat pengembang dan masyarakat. Dikarenakan adanya program pilihan subsidi untuk perumahan yang kategorinya ada dua.

“Satu Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), yang kedua ini yang dibanyai oleh Bank Dunia adalah Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasih Tabungan (BP2BT). Mungkin Bank dunia ini punya misi mengedukasi Rakyat Indonesia atau minimal penerima bantuan ini yang memang tahu perbankan,” terangnya.

“Kemudian mereka dapat fasilitas yang hampir sama dengan FLPP, dimana bunganya yang disubsidi. Kalau yang BP2BT uangmukanya yang dibantu pemerintah melalui Bank Dunia,” ungkapnya.

Untuk FLPP, kata dia, uang mukanya bisa satu persen. Sebab dibantu oleh Bank Dunia melalui program BP2BT maksimal Rp 40 juta.

“Kalau FLPP kan uang muka. Misalnya pelaponya Rp 123 juta, angsuranya hampir sama lah, sekitar Rp 900 ribu sampai Rp 1 juta,” terangnya.

“Program BP2BT lebih membantu kepenerimanya. Selanjutnya untuk bunganya komersil, tetapi kalau FLPP bunganya subsidi 5 persen selama jangka waktu kredit,” ujarnya.

Direktur Anak Perusahaan di Garden Group Kabupaten Ciami, Tohirin SPdi menjelaskan, maksud dan tujuan Bank Dunia datang ke Indonesia dan berkunjung ke Garden Group Ciamis, kaitanya dengan pembiayaan perumahan.

Dengan meluncurkan Program BP2BT yang menjadi angin segar bagi developer. Karena di kuartal 2019 sampai akhir nyaris tidak ada subsidi dari pemerintah.

“Ini bisa jadi pukulan besar. Sehingga, pengembang terseleksi dengan keadaan ini. Ada yang gulungtikar, ada yang terseok-seok dan ada yang bertahan seperti Garden Group masih tetap bertahan,” ujarnya.

“Jadi kami akan menyongsong BP2BT di tahun 2020 dengan lebih optimis,” harap Tohirin yang juga sebagai Ketua DPD KNPI Kabipaten Ciamis.

Tohirin berharap tidak menunggu triwulan pertama maksimal bulan Januari teralisasi BP2BT.

Dia berharap mendapat banyak kuotanya. Serta sangat siap Garen Group untuk menyongsong BP2BT.

(iman sr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.